Sebuah Blog Pribadi Biasa

Tips Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Sobat tertarik mempelajari Bahasa Inggris tapi bingung mau memulai dari mana? Atau sobat sudah pernah belajar sedikit-sedikit tapi belum banyak peningkatan berarti. Berikut ini adalah tips-tips supaya bisa meningkatkan kemampuan sobat dalam berbahasa Inggris. Ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis sendiri.


1. Mengambil Kursus Bahasa Inggris


Ini merupakan cara yang paling utama untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kita. Jelas ada perbedaan antara orang yang mengambil kursus Bahasa Inggris dengan orang yang tidak kursus. Di sana kita bisa belajar mulai dari grammar (tata bahasa), speaking (berbicara), listening (mendengarkan), reading (membaca) dan writing (menulis). Tapi kalau sobat tidak serius menjalani kursusnya, hasilnya pun tidak akan maksimal. Sebenarnya kursus Bahasa Inggris tidak perlu berlama-lama sampai tiga atau empat tahun. Bahkan setahun atau dua tahun sudah banyak peningkatan asal kita bisa memilih tempat kursus yang bagus dan menjalaninya dengan serius. Setelah kursus, kita sebenarnya bisa mendalaminya dengan cara-cara kita sendiri. Yang penting bekalnya sudah cukup dan sudah banyak yang dipahami, terutama bila sudah sedikit paham tentang grammar dan cukup lancar speaking-nya.


2. Mencari Partner untuk Speaking


Kalau memang mau jago 'ngoceh' dalam Bahasa Inggris, disarankan mencari partner (mitra) untuk berlatih speaking. Tahukah Anda bahwa banyak orang-orang di Bali bisa berbahasa Inggris tanpa ikut kursus Bahasa Inggris sebelumnya? Telinga mereka terbisa mendengarkan turis asing berbicara dalam Bahasa Inggris, lama-lama mereka pun bisa bicara dalam Bahasa Inggris. Maka dari iti sobat butuh mitra untuk berlatih speaking. Carilah teman atau kerabat yang cukup jago speaking dalam Bahasa Inggris. Apalagi jika sobat bergabung ke dalam komunitas
yang hobi ngobrol dalam Bahasa Inggris. Tentunya akan sangat membantu sobat untuk meningkatkan kemampuan bicara Bahasa Inggris.


3. Mendengarkan Program Berbahasa Inggris di TV atau Internet


Ini salah satu cara untuk melatih pendengaran kita. Carilah program di tv atau internet yang menggunakan Bahasa Inggris. Contohnya film, reality show, talk show, berita, debat dan sebagainya. Lihat gerakan tubuh mereka, dengarkan cara mereka mengucapkan tiap kata demi kata. Mulailah dengan program yang memiliki teks terjemahan dalam Bahasa Indonesia dahulu, kemudian dilanjutkan dengan program berbahasa Inggris tanpa teks terjemahan untuk meningkatkan kemampuan listening Anda lebih jauh.


4. Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris


Ini cara paling asyik untuk berlatih Bahasa Inggris. Carilah lagu berbahasa Inggris yang iramanya tidak terlalu cepat dahulu. Dengarkan baik-baik setiap lirik yang didendangkan. Kemudian cari liriknya di internet agar sobat bisa tahu bagaimana cara penulisan kosa-kata nya. Jika ada kosa-kata yang tidak diketahui artinya, cari di kamus atau di Google Translate. Jika ingin lebih bagus lagi, catat saja lirik lagu itu di buku, kemudian sobat tuliskan pula artinya. Ini untuk melatih listening sekaligus writing dan reading.


5. Membaca Tulisan Berbahasa Inggris


Ini merupakan cara yang bagus untuk melatih kemampuan reading (membaca) sobat. Biasakan membaca tulisan berbahasa Inggris, baik itu dari sebuah buku, novel dan media cetak lainnya, serta media online di internet. Bila menemukan kosa-kata yang tidak diketahui artinya, cari saja di kamus atau Google Translate. Kemudian catat 'artinya' di dekat kosa-kata tersebut agar lebih mudah diingat. Atau buat catatan kecil yang berisi kosa-kata yang sobat dapatkan dari kegiatan membaca tulisan berbahasa Inggris tersebut. Atau jika memungkinkan, tempel di dinding kamar agar sobat bisa membaca kosa-kata tersebut setiap hari.


6. Berlatih Menulis dalam Bahasa Inggris


Jika ingin mahir dan terbiasa menulis dalam Bahasa Inggris, maka banyak-banyaklah berlatih menulis dalam Bahasa Inggris. Sobat bisa memulainya dengan cara membuat tulisan tentang pengalaman sobat. Kemudian dilanjutkan dengan menterjemahkan sebuah tulisan dari berbahasa Indonesia menjadi tulisan berbahasa Inggris. Perhatikan grammar dan penggunaan kosa-kata nya. Banyak kosa-kata yang memiliki arti yang sama/mirip, namun digunakan dalam situasi dan kondisi yang berbeda. Kalai sudah cukup mahir, buatlah tulisan berbahasa Inggris mengenai informasi atau tips dan trik yang kemudian dipublikasikan di internet.


7. Mengikuti Kompetisi dalam Bahasa Inggris


Kalau sudah merasa cukup bagus dalam speaking dan listening, saatnya Anda mengikuti sebuah tantangan yang lebih menarik, yakni kompetisi dalam Bahasa Inggris. Kalau di sekolah atau di tempat kursus sobat sering diadakan kompetisi semacam pidato, kuis cerdas-cermat atau bahkan debat dalam Bahasa Inggris, maka segera ikuti kompetisi tersebut. Sobat butuh tantangan seperti itu untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris sobat. Jangan selamanya menjadi penonton saja, karena sobat butuh tantangan yang membuat sobat harus cepat-cepat berpikir kemudian menyampaikan apa yang harus sobat sampaikan di depan publik. Kalah atau menang itu urusan belakang, yang penting berani tanpil dahulu.


8. Mengerjakan Soal-Soal Berbahasa Inggris


Jika di sekolah kita sudah biasa mengerjakan soal-soal Bahasa Inggris yang ada di buku atau di Lembar Kerja Siswa (LKS), maka selanjutnya sobat bisa melanjutkan ke tantangan berikutnya, yakni mengerjakan soal-soal berbahasa Inggris ke tingkat berikutnya seperti TOEFL atau IELTS. Sobat bisa membeli kumpulan soal-soalnya di toko buku. Biasanya akan ada sekeping CD yang dilampirkan untuk mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan listening. Jika sebelumnya sobat sudah memperkaya grammar, vocabulary dan sudah terbiasa mendengarkan bule' ngomong dalam Bahasa Inggris, maka soal-soal tersebut akan lebih mudah dapat dikerjakan.

Nah itulah tadi beberapa tips dan trik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kita. Semoga dapat membantu. Mohon maaf jika ada kekurangan, karena pengalaman tiap orang mungkin saja berbeda. Terima kasih.
Tag : Catatanku
4 Komentar untuk "Tips Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris"

menedengarkan algu bhs inggris yang paling cepet ya secara orang kansuka mendengarkan lagu ya

Poin poin di atas memang sangat efektif untuk belajar bahasa inggris, saya sendiri juga ingin belajar bahasa satu ini.

Iya mendengarkan lagu memang paling mudah dan menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris

Yang saya tahu, mbak Lisa ini sudah jago bahasa inggris dan bahasa mandarin. :). Lagi merendah nih ye... Hehehe

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top