Sebuah Blog Pribadi Biasa

Hal-Hal Yang Menyebabkan Tulisan Menjadi Tidak Menarik

Tidak semua orang punya kemampuan yang sama dalam hal menulis, tapi mungkin saja mereka mempunyai ide yang sama walaupun cara mereka menulis berbeda. Ada yang bisa menyampaikan ide dengan cepat, tidak berbelit-belit dan langsung menuju poin pentingnya. Ada yang memang jago membuat membuat tulisan yang terdeskripsi dan terilustrasi dengan baik. Dan ada pula yang mampu membuat tulisan begitu cermat, detali dan ilmiah sekali. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.


Masalahnya adalah, kenapa tulisan kita itu susah ditemukan di mesin pencarian, padahal itu adalah tulisan kita sendiri, tanpa ada copy-paste? Berikut ini adalah penyebab tulisan kita menjadi tidak menarik.


1. Judul Tulisan yang Terlalu Umum


Apa maksudnya? Judul tulisan bisa berpengaruh kepada posisinya di mesin pencarian. Ada begitu banyak judul tulisan yang sama di mesin pencarian, walaupun cara penyampaiannya berbeda. Mungkin saja tulisan kita lebih baik, lebih panjang dan menarik, tapi karena judulnya sama, akhirnya ia masih kalah bersaing dengan tulisan yang sejenis pula. Lain halnya kalau judulnya diubah lebih spesifik. Misal kita ingin membuat tulisan dengan judul "Cara Agar Kulit Awet Muda", pastilah tulisan dengan judul seperti itu sudah banyak dimuat di mesin pencarian. Biasanya mesin pencarian akan memprioritaskan artikel-artikel lama yang sudah lebih dahulu nongkrong di mesin pencarian untuk ditampilkan. Mungkin akan  
berbeda kalau judulnya diubah menjadi "Manfaat Belimbing Agar Kulit Awet Muda". Menurut sobat, mana yang lebih berpeluang muncul di mesin pencarian? Tentu judul yang kedua bukan? Ketika ada user yang mengetikkan keyword "manfaat belimbing", atau "manfaat belimbing bagi kulit", atau "cara agar kulit awet muda", semua keyword tersebut 'KENA' bukan? Dan ketika user menemukan tulisan kita yang berjudul "Manfaat Belimbing Agar Kulit Awet Muda" di mesin pencarian, tentu ia lebih penasaran dengan isi tulisan kita tersebut karena mungkin lebih unik.


2. Isi Tulisan Mirip dengan Tulisan yang Sejenis


Saya rasa sudah banyak yang tahu hal ini. Semakin unik sebuah tulisan, maka akan semakin menarik pula. Mungkin saja judul agak beda, tapi isinya mirip, itu artinya tulisan kita tidak lebih menarik dari yang lainnya. Mesin pencarian memiliki cara untuk mengidentifikasi isi berbagai tulisan kemudian mengklasifikasikannya apakah tulisan tersebut memiliki kemiripan dengan tulisan yang lain dari segi pembahasannya. Semakin berbeda cara kita membahasnya, semakin menarik pula di mata mesin pencarian. Oleh karena itu biasakan membuat tulisan yang sedikit berbeda dari yang lainnya walaupun temanya sama.


3. Tulisan Sudah Tidak Relevan


Tidak relevan di sini maksudnya adalah apa yang ada pada tulisan tersebut sudah tidak berlaku lagi jika diterapkan sekarang ini. Misal saya membuat tulisan dengan judul "Cara Menjebol Password Facebook dengan Teknik Menjawab Pertanyaan Keamanan Akun". Cara tersebut sekarang sudah tidak berlaku lagi. Jadi teknik seperti itu tidak akan berguna. Sehingga orang tidak akan mencari teknik seperti itu lagi. Beda halnya kalau kita membuat judulnya menjadi "Cara Menjebol Password Facebook Melalui Kompor Gas". Mungkin orang akan penasaran bagaimana bisa sebuah kompor gas melakukan hal itu. Bukankan ini sebuah inovasi baru? Bahkan Albert Einstein pun bakal ikutan mikir bareng Galileo dan James Watt. :)


4. Isi Tulisan Tidak Sesuai Harapan


Kita pasti pernah kesal dengan isi tulisan yang tidak sesuai dengan apa yang kita cari di mesin pencarian. Padahal judul tulisannya keren dan beda, tak tahunya isinya tidak terlalu banyak membantu dan mencerahkan. Maksud hati ingin membaca tulisan tentang cara mendapatkan uang di social media, tapi isinya menyuruh kita berinvestasi terlebih dahulu. Belum apa-apa sudah harus mengeluarkan uang.  Ibaratnya daging kodok yang dilapisi bahan-bahan untuk membuat ayam goreng. Tampilannya bagus, tapi isinya mengecewakan. Kalau sudah begitu, orang pun mungkin malas membuka tulisan kita yang lainnya lagi. Kecuali kalau tulisannya adalah berupa humor, orang akan mengerti kalau sebenarnya kita sedang bercanda.


5. Ribet


Jangan terlalu sering berbelit-belit ketika membuat tulisan yang isinya adalah informasi atau tips dan trik. Ambil garis besarnya saja sebelum nantinya pengunjung menjadi jenuh karena harus membaca tulisan yang tidak kunjung menampilkan poin utamanya. Apalagi tulisan yang berbentuk pengalaman pribadi, biasanya tulisan seperti ini memang lebih ribet lagi. Maksud hati hendak membuat tulisan tentang pengalaman mendapatkan liburan gratis ke Bali, tapi malah sempat-sempatnya menyisipkan pengalaman menggambar pulau Bali di awal tulisan. Kemudian dilanjutkan dengan pengalamannya makan Jeruk Bali di Pasar Cinde, Palembang.   Tulisan yang tidak penting malah masuk lebih banyak.


6. Menyembunyikan Data dan Fakta


Pernah membaca tulisan yang mengandung hoax atau kebohongan? Tulisan sampah seperti itu memang sedang menjamur dan anehnya banyak orang yang terpancing untuk membacanya. Percayalah, tulisan seperti itu tidak akan bisa bertahan lama. Karena ketika data dan fakta berhasil ditemukan, maka tulisan yang mengandung unsur kebohongan dan menipu tersebut akan ditinggalkan orang. Ngetop di awal, terpuruk kemudian. Bahkan akan menjadi bahan lelucon saja, yang malu kita sendiri. Alangkah bagusnya kalau tulisan tersebut dibuat berdasarkan data dan fakta yang ada.

Nah mungkin itu saja pembahasan kali ini, semoga tulisan ini bisa membantu. Kalau ternyata tulisan ini tidak membantu, abaikan saja hehehe :). Allahu muwafiq
Tag : Blogging, Menulis
8 Komentar untuk "Hal-Hal Yang Menyebabkan Tulisan Menjadi Tidak Menarik"

Jadi intinya jika tulisan kita bisa berada di mesin pencarian harus memperhatikan poin poin tertentu, salah satunya adalah untuk memperhatikan judul pada artikel, gitu ya, mas?

Iya bisa seperti itu mbak. Namun kadang saya juga membuat judul yang pendek, untuk membuat perbandingan dengan judul yang lebih panjang dan unik.

pada dasarnya semua tulisan itu menarik. terkadang semua tergantung sama pembaca.

Saya malah kalau bikin judul acak, sekenanya dengan ide. Hehe

Mungkin disitulah yang menyebabkan tulisan kita kadangkala belum nongol2 di mesin pencarian. Sama kayak beberapa tulisan saya mbak, tapi saya malas untuk merubah judulnya :)

Hehehe berarti beda nih pandangannya sama saya. Sippp lahhh :)

Ini yang saya coba pelajari gimana biar ketika menulis artikel nggak membuat bosan pembacanya. Yang pasti judul sama isinya harus nyambung dan membantu pembacanya

Ini yang saya coba pelajari gimana biar ketika menulis artikel nggak membuat bosan pembacanya. Yang pasti judul sama isinya harus nyambung dan membantu pembacanya

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top