Sebuah Blog Pribadi Biasa

Hal-Hal Yang Menyebabkan Trafik Blog Menjadi Turun

Assalamu'alaikum. Sudah cukup lama saya tidak update artikel di blog ini karena saya sibuk mengurusi blog yang lainnya sambil mempelajari hal-hal mengenai monetisasi blog dari situs ke situs. Dan karena itu pula, blog ini jadi dianggurin deh, padahal ada beberapa artikel yang sebenarnya bisa dimasukkan ke blog ini kalau memang ada niat, tapi ternyata penyakit malas saya sedang kambuh hehehe.

Oke, sesuai judul yang saya buat pada artikel ini, kali ini kita akan mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan turunnya trafik pada sebuah blog. Kebetulan trafik pada blog ini memang sedang terjun bebas dan sangat memprihatinkan. Maka dari itu saya akan berbagi pengalaman bagaimana sebuah blog mengalami penurunan trafik secara drastis.

1. Jarang Update Artikel

Ini adalah faktor utama yang menyebabkan trafik blog kita menurun drastis. Hal yang sangat wajar kalau tidak ada artikel baru, itu tandanya tidak ada makanan baru yang bisa disediakan dan siap disantap oleh penikmatnya. Makin lama tidak update artikel, makin mudah trafik menjadi jeblok. Memang butuh konsistensi kalau ingin mendapatkan trafik yang stabil, mengingat banyak sekali blog yang bersaing dengan blog kita dan semuanya melakukan banyak cara untuk berada di atas blog kita dan yang lainnya di mesin pencarian.

2. Jarang Sharing Artikel ke Social Media

Tidak bisa dipungkiri bahwa social media merupakan cara paling cepat untuk mendatangkan trafik bagi blog kita. Selain itu artikel blog kita lebih cepat terindeks mesin pencarian karena banyak orang yang membaca artikel kita melalui jalur social media seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Jika memang kita sedang tidak punya artikel baru untuk dipublikasikan dan dibagikan ke social media, maka kita bisa membagikan ulang artikel-artikel lama pada blog kita supaya trafik tidak terlalu turun drastis. Setidaknya masih ada trafik walau tidak seberapa.

3. Tidak Rajin Blogwalking

Blogwalking atau jalan-jalan menuju blog satu ke blog yang lainnya terbukti mampu untuk menjaga trafik agar tetap terjaga. Pemilik blog yang kita kunjungi biasanya akan mengunjungi balik blog kita walau terkadang tidak menuliskan komentar, karena mungkin ia tidak suka atau kurang mengerti dengan artikel yang kita buat. Tapi setidaknya kita masih bisa mendapatkan trafik dari sana. Maka dari itu rajin-rajinlah blogwalking dan meninggalkan komentar yang relevan agar si pemilik blog menjadi tertarik untuk mendatangi blog kita. Siapa tahu dia akan mem-follow blog kita dan mengajak saling bertukar link.

4. Kurang Memiliki Backlink yang Berkualitas

Backlink memang perlu dicari untuk memperkuat posisi blog kita di mesin pencarian. Tapi tidak semua backlink itu bagus, bahkan di antaranya ada yang tidak disukai oleh mesin pencarian. Saat kita jarang update artikel dan membagikannya, maka backlink inilah yang akan membantu menjaga posisi blog kita untuk tetap stabil di mesin pencarian. Jika posisinya bagus, maka potensi untuk mendapatkan pageview pada blog menjadi lebih terbuka. Sebaliknya jika backlink tersebut tidak bagus atau bahkan dibenci oleh mesin pencarian, maka blog terrsebut bisa saja terlempar dan terbenam posisinya.

5. Template Tidak SEO-Friendly

Jangan pernah menganggap remeh masalah template, karena jika salah memilih template, maka blog susah bersaing di mesin pencarian. Silahkan mencari template yang punya penampilan menarik, tapi pertimbangkan pula kecepatan loading blog. Sebaiknya memang memakai template yang responsive, ringan, cepat, dan simple, rapi dan bersih agar blog menjadi lebih SEO-Friendly. Kurangi widget-widget yang tidak penting, yang hanya memperberat loading blog. Jangan lupakan membuat meta-tag agar blog semakin SEO-Friendly.

6. Memasang Iklan yang Buruk

Saya sarankan untuk tidak memakai iklan jenis pop up/under yang biasanya membuat pengunjung diarahkan ke situs lain. Selain memang membuat pengunjung tidak nyaman dan pergi meninggalkan blog Anda, iklan seperti ini juga dibenci oleh mesin pencarian bahkan di antaranya dianggap berbahaya karena mengandung malware. Yang lebih parah, artikel-artikel pada blog Anda terancam deindex (hilang) dari mesin pencarian. Anda akan menyesal kalau artikel-artikel Anda sudah deindex dan tak kunjung muncul lagi di mesin pencarian. Atau juga, jangan memasang iklan yang kurang sopan atau bahkan menjijikkan untuk ditampilkan pada blog. Saya rasa Anda mengetahui iklan yang saya maksud.

Nah saya rasa itu saja yang bisa saya sampaikan, mohon maaf jika ada yang kurang atau tidak dipahami. Semoga bermanfaat. Allahu muwafiq.
Tag : Blogging
7 Komentar untuk "Hal-Hal Yang Menyebabkan Trafik Blog Menjadi Turun"

Uda lama belum update blog lagi ini :" masih kena writing block hikss. Thank you sharingnyaaa mas 😁 salam kenal. .

Saya jarang share artikel ke media sosial, mas, cuma ke G+ saja. Kalau blogwalking saya lakukan tapi kadang terkendala kesibukan dunia nyata, jadi blogwalkingnya terbatas waktu.

Kalau saya juga jarang blogwalking. Apalagi sibuk ngurusin blog baru mbak

Ok sama2, semoga bisa eksis kembali yah

Kadang iklan yang buruk itu keluar dari sananya gan, bagaimana coba!

Biasanya itu iklan pop up/under mbak. Saya malas kalau ketemu blog seperti itu

dan hal-hal diatas tidak pernah saya lakukan, baru2 ini saja sempet nulis itupun sudah macet karena kesibukan real (sad)

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top