Sebuah Blog Pribadi Biasa

Menjadikan Blog Sebagai Buku Harian Online

Assalamu'alaikum. Blog memang mempunyai banyak kegunaan bagi pemiliknya, hal itu pula yang menyebabkan jumlah blogger terus bertambah. Blog bisa dikategorikan sebagai media sosial yang memiliki kelebihan diantara media sosial yang lainnya karena setiap orang dapat melihat tulisan pada blog tanpa harus memiliki akun pada layanan blogging tertentu sehingga siapa saja dapat menemukan blog kita dengan mudah dengan mengetikkan keyword di mesin pencarian.

Ingin memiliki buku harian online? Blog adalah media yang paling tepat untuk hal tersebut. Media sosial seperti Facebook atau Twitter tidak memiliki cukup fitur untuk dijadikan sebagai buku harian online. Enaknya kalau menulis catatan di blog itu kita bisa menautkan antara satu halaman dengan halaman yang lainnya, sehingga pembaca dapat melihat postingan kita yang lainnya juga. jadi kita merasa lebih mudah untuk menciptakan pemerataan penyebaran konten pada blog kita.

Menjadikan blog sebagai buku harian online tidak berarti harus selalu terpaku dengan curhatan pribadi. Karena catatan pribadi sebaiknya juga perlu disisipi dengan hal-hal lainnya yang bermanfaat bagi orang lain, seperti berbagi ilmu dan informasi ataupun data virtual yang dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan. Sehingga hal-hal yang bermanfaat seperti itu terus digunakan dari waktu ke waktu. Karena kalau isi buku harian online hanya dipenuhi dengan curhatan pribadi, dikhawatirkan akan membuat blog tersebut menjadi monoton.

Apakah blog yang berisi catatan pribadi bisa dimonetisasi? Tentu saja bisa. Apabila catatan pribadi tersebut berisi hal yang unik, menarik, informatif dan memiliki trafik yang bagus maka kita akan menemui kesulitan untuk memonetisasi blog kita tersebut. Kita bisa menjadi penayang iklan yang dibayar untuk tiap klik iklan, ataupun dengan menyewakan slot iklan mandiri kepada pengiklan. Makin bagus posisi blog di mesin pencarian, maka makin besar komisi yang akan kita dapatkan. Memang tidak mudah untuk membuat blog berada di posisi yang bagus di mesin pencarian, maka dari itu kita mesti banyak-banyak mempelajari tentang teknik SEO.

Untuk mendukung agar buku harian online kita bisa dikenal dan mendapatkan trafik, maka kita butuh bantuan beberapa media sosial lain seperti Facebook, Twitter, Google+ dan sebagainya. Usahakan untuk selalu membagikan (sharing) setiap tulisan baru yang telah kita buat pada blog kita dengan menggunakan media sosial. Cara ini adalah cara yang paling mudah. Memperbanyak teman atau follower dapat memungkinkan meningkatkan jumlah trafik pada blog kita.

Oh ya, berkomentar pada blog lain juga perlu dilakukan untuk memancing blogger lain agar mengunjungi balik blog kita. Berikan komentar yang bagus, relevan dan sedikit saran atau kritik dengan bahasa yang sopan kepada si penulis. Begitu pula saat ada yang berkomentar pada blog kita, usahakan untuk memberikan respon yang baik pula agar pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama mengakses blog kita.

Untuk blog yang berisi buku harian online sangat disarankan untuk menggunakan template yang simple, responsive, mobile-friendly, bersih, rapi, tidak berat dan tidak terdapat error pada struktur datanya. Karena ciri-ciri template seperti itu sangat disukai sekali oleh mesin pencarian sehingga dapat menaikkan posisi blog di SERP. Template dengan tampilan minimalis mungkin bisa menjadi pertimbangan. Biasanya template seperti itu mempunyai loading yang cepat karena dimensinya memang tidak terlalu melebar ke samping dan tidak terlalu banyak widget yan ditanamkan di dalam struktur datanya, sehingga dapat mempercepat loading blog dan mengurangi pemakaian data internet.

Untuk memulai membuat buku harian online pada blog, kita bisa memulainya dengan memperkenalkan diri kita terlebih dahulu kepada pembaca. Bila perlu buatlah halaman statis pada menu navigasi, atau dengan cara membuat widget profil pribadi kemudian isilah mengenai diri Anda, jangan terlalu pendek dan jangan pula terlalu panjang. Kalau ingin menambahkan foto maka itu lebih baik lagi, hindari memakai avatar kartun dan sejenisnya.

Buku harian online sejatinya dapat membantu kita untuk mengekspresikan diri, berbagi pengalaman, ilmu, informasi bahkan untuk tujuan-tujuan yang bersifat kemanusiaan. Namun bukan berarti kita melalaikan etika di dalam tulisan. Tulislah hal-hal yang sekiranya tidak memancing kebencian atau menyinggung perasaan orang lain. Gunakan bahasa yang santun dan beradab. Menjadikan blog sebagai buku harian online akan sangat menyenangkan apabila diikuti dengan perangai yang baik pula. Allahu muwafiq.
Tag : Blogging, Menulis
0 Komentar untuk "Menjadikan Blog Sebagai Buku Harian Online"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top