Sebuah Blog Pribadi Biasa

Cara Menghapus Akun Social Media Secara Permanen

Assalamu'alaikum. Mungkin di antara kita terkadang merasa jenuh dengan social media karena tidak terlalu memberikan manfaat berarti atau karena alasan pribadi yang sulit untuk diungkapkan. Beberapa orang sampai harus memilih jalan untuk mengabaikan, menonaktifkan bahkan menghapus akun social media mereka. Tujuannya agar mereka tidak tergiur atau kecanduan mengakses akun social meida mereka. Walaupun begitu mudah untuk menghapusnya, namun mereka pun harus menerima dampak dari perbuatan tersebut seperti kehilangan informasi, ilmu, bahkan kehilangan kabar dari teman dan kerabatnya. Bagaikan pedang bermata dua, ada sisi baik dan sisi buruknya.

Namun bagi para blogger ataupun pebisnis online, peranan social media sangatlah penting untuk mempromosikan blog dan produk mereka agar bisa dikenal oleh pengguna social media. Sehingga mereka harus membuat beberapa akun di social media. Sangat sulit bagi mereka untuk memisahkan diri dari social media yang sangat bermanfaat bagi perkembangan blog dan bisnis mereka. Sehingga hampir tidak mungkin jika mereka tidak memiliki setidaknya satu akun di social media.

Saat ini social media seperti Facebook, Twitter, Google+, Pinterest, LinkedIn, Youtube dan Instagram masih menjadi yang terbaik untuk mempromosikan konten blog dan produk/jasa. Sangat disarankan setidaknya memiliki 3 akun di social media untuk mempromosikannya. Kalau bisa lebih dari 3 akun, itu mungkin akan lebih baik asal bisa dikoordinasi dengan baik. Share/bagikan saja setiap ada konten atau produk baru melalui social media untuk menjaring trafik dan popularitas blog dan minat terhadap produk kita.

Namun bagi mereka yang hanya menggunakan social media sebagai ajang untuk mengekspresikan diri - mungkin tidak terlalu berat jika suatu saat akan berhenti menggunakannya. Rasa jenuh mungkin saja timbul pada diri mereka. Membatasi diri dari hal-hal yang tidak bermanfaat ataupun menjaga privasi adalah hal yang lazim dan patut dipertimbangkan. Namun sebelum memutuskan untuk berpisah dari social media, yakinkan dahulu pada diri kita apakah kita siap untuk menerima konsekuensinya. Bahkan saya sendiri sempat kesulitan untuk mengundang teman-teman saya di resepsi pernikahan saya lewat social media, karena saya sudah menghapus akun Facebook saya secara permanen. Terlebih lagi saya tidak mengetahui beberapa nomor ponsel mereka. Jadi saya meminjam akun Facebook teman saya untuk mengundang mereka.

Untuk menghapus akun di Facebook secara permanen sebenarnya tidaklah sulit, bahkan bisa dilakukan melalui ponsel. Tinggal kunjungi saya alamat m.facebook.com/account/delete kemudian ikuti saja langkah berikutnya dan akun Facebook Anda akan dihapus secara permanen dalam kurun waktu 14 hari. Anda bisa membatalkan penghapusan jika Anda mengaksesnya sebelum masa 14 hari tersebut berakhir.

Berikut ini adalah cara untuk menghapus aun Twitter secara permanen.Login ke akun Twitter sobat, kemudian klik profil – settings atau jika ingin cepat langsung buka halamana ini https://twitter.com/settings/account. Selanjutnya scroll kebawah lalu klik Deactivate my account. Akan muncul halaman konfirmasi lalu klik Deactivate. Terakhir akan diminta untuk memasukan password, kemudian klik lagi Deactive Account. Setelah melakukan penghapusan akun Twitter, masih ada kesempatan 30 hari untuk berubah pikiran artinya sobat masih bisa menggunakan akun itu kembali tanpa perlu proses aktivasi tetapi cukup login menggunakan username dan password yang dimiliki maka akun Twitter akan kembali aktif.

Berikut ini adalah cara untuk menghapus profil Google Plus secara permanen. Langkah pertama: Login ke akun G+ pada URL plus.google.comLangkah kedua: Buka halaman pengaturan account. Dari menu slide sebelah kiri cari menu Settings atau Pengaturan. Langkah ketiga: Scroll ke paling bawah pengaturan. Cari pada bagian Disable Google+ kemudian klik Delete Your Google+ Profile Here. Langkah keempat: Google akan memberikan konfirmasi apakah kamu yakin akan menghapus profil Google Plus-mu. Ingat, sekali kamu menghapusnya maka semua data tidak akan kembali lagi. Baca ketentuan yang diberikan Google ketika kamu menghapus akun Google Plus. Langkah kelima: Pilih layanan yang akan ikut dihapus kemudian klik Remove Selected Services. Jika Google meminta otentifikasi lagi, masukkan password akun Google yang kamu gunakan.

Nah itulah tadi cara menghapus beberapa akun social media. Ingat, pikirkan dengan matang sebelum memutuskan untuk menghapus akun-akun tersebut apalagi jika Anda sudah memiliki banyak teman atau pengikut. Karena tidak mudah untuk mendapatkannya kembali walaupun nantinya Anda hendak membuat akun baru lagi. Semoga bermanfaat. Allahu muwafiq.


Tag : Teknologi
4 Komentar untuk "Cara Menghapus Akun Social Media Secara Permanen"

Semoga jenuh tidak membuat ingin menghapus akun sosmed
tapi terima kasih untuk sharenya bukan tak mungkin saya akan membutuhkannya

kalau saya mah termasuk latah dan labil. Sudah berapa kali menghapus lalu membuat akun facebook yg baru lagi hehehe

btw kalau udh di hapus bisa dikembalikan lagi gak ?

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top