Sebuah Blog Pribadi Biasa

Tips Memilih Template Blog yang SEO Friendly



Assalamu'alaikum. Sudah beberapa hari tidak update artikel nih, padahal gak sibuk-sibuk banget sih tapi karena memang pengen santai sejenak aja. Okay, kali ini saya ingin berbagi tips memilih template blog yang akan bermanfaat untuk meningkatkan SEO pada blog kita. Dalam memilih template memang tidak boleh sembarangan, terutama sekarang ini template mempengaruhi peringkat blog di SERP. Jadi jangan mudah tergiur dengan tampilan template yang mewah tapi ternyata peringkat blog gak naik-naik. Berikut tips memilih template yang SEO-friendly.

1. Desain Simple

Semakin simple desain blog, maka semakin baik pula untuk SEO. Kita ketahui bahwa template adalah termasuk salah satu teknik SEO on page. Bukannya tidak boleh memakai template yang kaya fitur dan banyak ornamennya. Tapi sebaiknya hindari saja template yang terlalu mewah. Apalagi jika di dalam template tersebut ternyata si creator menanamkan beberapa gambar/icon. Pilih template yang sederhana tapi tetap enak dilihat. Semakin simple maka akan semakin ringan dan cepat loading sebuah template sehingga disukai oleh mesin pencarian.

2. Ringan dan Cepat

Seperti yang disinggung di atas tadi bahwa loading sebuah template juga dapat mempengaruhi SEO. Semakin ringan dan cepat sebuah template maka makin baik pula untuk menaikkan peringkat blog di SERP. Ingat, template yang sudah agak ringan pun bisa saja menjadi berat ketika kita memodifikasi fitur-fitur di dalamnya. Hindari terlalu banyak memasang tombol di menu navigasi, apalagi jika itu adalah hover button yang memiliki efek animasi. Kenapa? Karena akan memperberat blog. Hindari menambahkan widget terlalu banyak. Pakai yang penting-penting saja.

3. Responsif

Pilihlah template yang responsif, artinya template tersebut dapat menyesuaikan diri dan tampil baik ketika diakses melalui berbagai perangkat, baik itu komputer, tablet, smartphone dan handphone biasa. Tujuannya agar pengunjung tidak kesulitan ketika membuka blog, sehingga tidak perlu menggeser kursor ke kanan atau ke kiri lagi. Gak perlu pakai template yang "wahhh" tapi gak responsif.

4. Tidak Ada Error pada Struktur Data

Pastikan bahwa template yang Anda pilih tidak memiliki error pada struktur datanya. Karena apabila ada error maka akan mengurangi SEO nya blog. Mesin pencarian tidak menyukai blog yang memiliki error pada struktur data template. Tidak sedikit template hasil modifikasi ternyata kacau balau pada bagian struktur datanya, bahkan saya sendiri pernah mengalaminya akibat kurang hati-hati dalam memilih template. Saat saya cek di chkme.com ternyata skornya hanya 46%. Skor yang buruk sekali akibat kebodohan saya sendiri.

5. Bersih dan Rapi

Pastikan bahwa tampilan template bersih dan rapi agar lebih SEO. Biasanya template yang minimalis sangat bersih dan tertata rapi, semua komponennya beraturan dan tidak berantakan. Hindari memakai template yang memiliki tampilan berantakan ketika diakses dengan berbagai perangkat. Tidak perlu rame, yang penting sudah cukup untuk memenuhi standar template yang SEO. Ketika template kurang bersih dan kurang rapi maka pengunjung akan merasa kurang nyaman dan begitupula dengan mesin pencarian.

Berikut ini adalah beberapa tool yang bisa digunakan untuk mengetes SEO sebuah blog sehingga Anda bisa mengetahui kekurangan pada blog Anda.

1. Cara Mengecek Skor SEO

Untuk mengecek berapa skor SEO blog Anda, cara yang paling mudah adalah dengan mengujungi situs http://chkme.com/. Anda tinggal memasukkan URL blog Anda kemudian tekan tombol check. Nanti akan muncul beberapa keterangan mengenai bagus tidaknya blog Anda, mulai dari heading, deskripsi blog, keywords dan lain sebagainya, beserta solusi jika ada kekurangan. Di situ akan kelihatan berapa persen skor SEO blog Anda secara keseluruhan. Skor yang sangat disarankan adalah skor 90%, walaupun skor 80% sudah memenuhi standar SEO.

2. Cara Mengecek Struktur Data Blog

Untuk mengetahu ada tidaknya struktur data yang error pada blog, Anda bisa menggunakan tool yang disediakan oleh Google. Anda bisa kunjungi situs http://developers.google.com/structured-data/testing-tool/ kemudian anda masukkan URL blog Anda dan tekan tombol yang ada di situ. Anda akan melihat keterangan apakah ada struktur data yang bermasalah atau tidak. Jika ada, segera perbaiki.

3. Cara Mengecek Responsif nya Template

Untuk mengetahui responsif atau tidaknya sebuah template, Anda bisa gunakan tool yang bagus di http://ami.responsivedesign.is/ atau http://troy.labs.daum.net/ dimana Anda bisa mengecek responsif nya dari berbagai perangkat. Tinggal masukkan saja URL blog Anda dan tekan tombol untuk mengeceknya.

4. Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog

Kecepatan loading blog Anda bisa dicek di http://gtmetrix.com/, skor standarnya adalah 80%, lebih tinggi lebih bagus. Di sana akan diketahui juga berapa lama loading blog Anda, jika kurang dari 5 seconds maka blog Anda bisa dikatakan cepat dalam loadingnya. Jika di atas 5 seconds maka itu dianggap lambat. Kurangi beberapa elemen pada blog Anda seperti widget atau script yang sudah tertanam pada template.

Nah itulah tips memilih template yang baik dan benar bagi blog Anda. Sehingga dapat membantu meningkatkan SEO. Semoga saja dapat membantu Anda sekalian. Mohon maaf jika ada kekurangan atau kata-kata yang belum dimengerti. Selamat mencoba. Allahu muwafiq.
Tag : Blogging
2 Komentar untuk "Tips Memilih Template Blog yang SEO Friendly"

penting banget ya SEO ini dari template hingga post harus ikuti aturan SEO jujur sih aku tidak begitu memahami aturan SEO ini semoga saja blogku nggk kacau deh di lihat dipetangkat manapun
lagian aku udah pede banget pakai template hasil karya mas Sugeng ini

bisa dicek pake tool di atas agar bisa tau, terutama skor SEO nya. sama, saya pun masih belajar memahami SEO ini

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top