Sebuah Blog Pribadi Biasa

Kelebihan dan Kekurangan Antara Blog dengan Satu Topik dan Blog dengan Banyak Topik



Assalamu'alaikum. Bagi seorang blogger mungkin awalnya merasa bingung ketika hendak memilih topik yang akan ia bawakan pada blognya. Biasanya ia bingung mau memilih blog yang fokus membahas satu topik (niche blog) atau blog yang membahas beberapa topik (blog gado-gado). Sebenarnya semuanya bagus kalau diurus dan dioptimasi dengan baik, jadi tidak perlu bingung. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan antara blog dengan satu topik dan blog gado-gado.
  1. Blog dengan satu topik memudahkan kita dalam mengarahkan dan menentukan jenis postingan apa yang sebaiknya akan dibuat setelah selesai membuat satu postingan. Jadi kita lebih terarah karena sudah mengetahui jenis postingan seperti apa yang akan dibuat selanjutnya. Namun kita kadangkala kehilangan ide akibat hanya terpaku dengan satu topik saja, jadi jangan heran kalau si pemilik blog kadang tidak menulis dalam jangka waktu tertentu karena memikirkan postingan apa yang cocok dengan topik pada blognya. Sedangkan blog gado-gado membuat kita lebih bebas dalam membuat postingan sehingga jumlah postingan kita biasanya akan lebih banyak daripada blog dengan satu topik. Jadi jangan heran kalau si pemilik blog bisa membuat puluhan postingan dalam satu bulan. Namun karena terlalu bebasnya membuat postingan, kadangkala isi postingan menjadi kurang berisi.
  2. Blog dengan satu topik lebih mudah mendapatkan pengunjung tertarget. Jadi si blogger lebih mudah mendapatkan pengunjung setia yang memiliki minat yang sama dengannya. Namun ini juga tidak mudah, si pemilik blog harus membuat postingan yang berbobot dan tidak keluar dari topik yang ia bawakan pada blognya. Sedangkan blog gado-gado bisa lebih banyak mendapatkan pengunjung karena memiliki jenis artikel yang lebih beragam. Ia lebih banyak mendapatkan pengunjung dari mesin pencarian. Namun ini pun tidak mudah, karena ia harus membuat banyak postingan jika ingin tetap mendapatkan trafik yang melimpah.
  3. Blog dengan satu topik memiliki ciri khas tersendiri sehingga suatu saat akan memiliki nilai tambah di mesin pencarian. Si pemilik blog pun memiliki kebanggaan tersendiri karena blognya memiliki identitas sehingga lebih mudah dikenali oleh pengunjung. Sedangkan blog gado-gado memang kurang memiliki identitas, namun walau begitu ia bisa saja memikat hati pengunjung bila isi artikelnya benar-benar bagus, unik dan dikemas dengan cara yang tidak biasa. Ia bisa mengumpulkan blogger-blogger lain untuk datang ke blognya, itu karena blognya memiliki konten yang beragam sehingga jenis blogger yang datang pun beragam pula.
  4. Blog dengan satu topik lebih mudah naik di mesin pencarian dan jika posisinya sudah bagus maka ia tidak mudah turun walaupun jarang membuat postingan. Namun perlu ditunjang dengan backlink yang berkualitas untuk mendapatkan posisinya tersebut. Sedangkan blog gado-gado memang lambat naik di mesin pencarian, butuh kerja ekstra untuk bisa mendapatkan posisi yang bagus. Selain mesti memperbanyak jumlah postingan, juga harus lebih sering berpromosi dan memperbanyak backlink yang berkualitas. Kalau tidak dilakukan maka posisinya di mesin pencarian akan mudah digeser oleh blog-blog lainnya yang lebih garang.
  5. Blog dengan satu topik lebih mudah mendaftar Google Adsense. Selain itu nilai Cost Per Click nya pun lebih tinggi jika dibandingkan dengan blog gado-gado. Namun hal itu akan menjadi sia-sia jika blog tidak mendapatkan pengunjung yang banyak, karena potensi mendapatkan klik iklan dan impresi akan lebih kecil. Sedangkan blog gado-gado walaupun juga bisa mendaftar Google Adsense, namun nilai Cost Per Click nya lebih kecil jika dibandingkan blog dengan satu topik. Cara mengakalinya ialah dengan memperbanyak jumlah pengunjung untuk mendapatkan klik iklan dan impresi.
  6. Blog dengan satu topik lebih mudah untuk diperjual-belikan dan harganya pun cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan blog gado-gado. Namun karena hal itu pula blog seperti ini lambat terjual, si pemilik blog tidak mau blognya dijual murah karena merasa blognya unik dan mudah dioptimasi. Sedangkan blog gado-gado walaupun agak kurang menarik perhatian pembeli, namun bisa saja terjual dengan cepat bila posisi blog sudah bagus di mesin pencarian disertai dengan jumlah postingan yang sudah banyak. Apalagi jika sudah memiliki pengunjung setianya.
Nah itulah tadi kelebihan dan kekurangan blog dengan satu topik dan blog gado-gado. Semoga dapat membantu para calon blogger yang masih bingung dalam memilih topik bagaimana yang ingin ia bawakan pada blognya. Mohon maaf jika ada kekurangan, kekeliruan dan ketidakpahaman. Allahu muwafiq.
Tag : Blogging
2 Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Antara Blog dengan Satu Topik dan Blog dengan Banyak Topik"

Tantangan bagi saya nih yg punya blog gado2. Bagaimana bisa tetap dikunjungi pembaca dengan tema yg campur2.

sama,,, saya juga begitu mbak

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top