Sebuah Blog Pribadi Biasa

Tips Memberikan Warna Pada Tulisan



Assalamu'alaikum. Tulisan memang dapat membawa perasaan pembaca jika tulisan tersebut berhasil menarik hati dan terkesan tidak biasa. Namun membuat tulisan seperti itu memang susah-susah gampang tergantung dari bagaimana kecerdasan si penulis yang mampu memberikan warna pada tulisan nya. Jika tulisan tersebut biasa-biasa saja, maka pembaca pun tidak bisa merasakan warna pada tulisan yang ia baca. Oleh sebab itu, sebaiknya kita memang harus memberikan warna pada tulisan kita. Bagaimana cara nya? Berikut ini adalah tips untuk memberikan warna tulisan versi saya sendiri. Semoga dapat membantu.

1. Berikan Perbedaan

Perbedaan, apa yang dimaksud dengan perbedaan di sini? Ya maksudnya adalah tulisan yang berbeda-beda, baik dari segi tema, pembahasan atau apa saja yang bisa membuat tulisan tersebut berbeda dari yang lainnya. Seumpama kemarin Anda memasak rendang daging ayam, maka cobalah untuk memasak sop ayam. Walau sama-sama berbahan utama dari ayam tapi diolah dengan cara yang berbeda. Atau bisa juga Anda ganti dengan rendang daging kambing, walau sama-sama rendang tapi berbeda daging nya. Nah begitulah saat menulis, kita memberikan perbedaan-perbedaan pada tiap-tiap tulisan kita. Karena perbedaan itulah yang akan memberikan warna nya.

Ambil lah contoh, hari ini Anda membuat tulisan tentang "Tips Menarik Hati Pelanggan", maka besoknya Anda bisa membuat tulisan tentang "Tips Supaya Pelanggan Menyukai Anda". Sampaikan dengan pembahasan yang berbeda dari tulisan Anda yang lain atau tulisan orang lain. Tiap-tiap tulisan atau tema memiliki ciri khas tersendiri. Supaya lebih mudah, sebaiknya tiap tulisan memang harus dikelompokkan menjadi beberapa bagian tersendiri. Agar Anda lebih mudah meneruskan tulisan seperti apa yang harus Anda buat pada kelompok tulisan tersebut. Gak ngerti? Ya sudah gak apa-apa.

2. Buat Pembaca Menjadi Penasaran

Salah satu bentuk tulisan yang memiliki warna adalah tulisan yang mampu membuat pembacanya menjadi penasaran. Jika sebuah tulisan sudah mampu membuat pembacanya berpikir, bertanya-tanya dan mencoba mencari jawaban maka tulisan tersebut memang sudah dikategorikan sebagai tulisan yang tidak biasa. Sebuah tulisan seperti ini akan meningkatkan minat pembaca untuk terus membaca tulisan Anda berulang-ulang. Bukan berarti tulisan tersebut harus berbentuk pertanyaan, atau pun teka-teki yang harus dipecahkan oleh si pembaca. Tidak, pengertian nya sangat luwes dan variatif. Sehingga diharapkan bahwa tulisan tersebut akan lebih berwarna.

Salah satu contoh nya adalah tulisan yang di dalam nya terdapat umpan balik antara si penulis dan si pembaca. Dengan kata lain, si pembaca ikut dilibatkan pada tulisan tersebut. Seolah-olah terdapat dialog kecil yang membuat si pembaca merasa harus ikut ambil bagian pada skenario yang dibuat oleh si penulis. Jangan ragu pada apa yang hendak Anda utarakan kepada pembaca. Ajak mereka 'bermain' dalam tulisan Anda. Karena sesungguhnya mereka adalah bagian dari profesi Anda sebagai seorang penulis. jadilah penulis yang bisa bersahabat dengan pembaca melalui tulisan Anda, agar tulisan Anda bisa lebih berwarna.

3. Gunakan Gaya Bahasa yang Berbeda

Tidak bisa dipungkiri bahwa gaya bahasa adalah salah satu daya tarik tersendiri bagi sebuah tulisan. Untuk itulah gunakan lah gaya bahasa yang mampu menarik perhatian para pembaca. Gaya bahasa yang lain dari biasa nya namun dapat dipahami akan membuat pembaca merasa senang dan terbawa suasana. Untuk membubuhkan gaya bahasa yang unik tidak harus memakai bahasa yang gaul dan lebay. Percuma kalau memakai gaya bahasa seperti itu bila tulisan tidak bisa ditangkap makna nya. Masih lebih baik menggunakan gaya bahasa yang biasa saja namun pesan yang hendak disampaikan itu masuk ke dalam hati si pembaca. Jangan sampai gara-gara ingin terkesan gaul, eh malah mengesampingkan isi dari tulisan kita. Gaul boleh, tapi jangan 'kosong'.

Penempatan gaya bahasa yang unik, sederhana, ringkas dan mudah dipahami akan membuat pembaca merasa betah dengan tulisan-tulisan Anda. Hal tersebut akan membuat pembaca ingin mencari dan membaca tulisan Anda yang lain nya. Kalau sudah begini maka membuat sebaran tulisan Anda menjadi lebih merata atau berimbang. Namun hindari pemakaian kosa kata yang terlalu berlebihan dan tidak pantas. Karena jika sebuah tulisan sudah diselipi dengan kata-kata yang tidak semestinya ditulis, maka  pembaca tulisan Anda mulai tidak respek kepada Anda. Bukankan Anda tidak ingin pembaca mengernyitkan dahi ketika ia mendapati tulisan Anda berisi kata-kata yang tidak baik? So, mari berikan gaya bahasa yang memikat agar tulisan Anda lebih berwarna.

4. Tulis Secara Alami

Kealamian sebuah tulisan akan membuat tulisan tersebut bisa dihargai lebih, dari pada tulisan yang ditulis dengan mengutip atau menyalin dari tulisan orang lain. Sejelek-jelek nya tulisan Anda, walau pun ditulis seadanya, setidaknya masih bisa dimaklumi. Anda mungkin tidak pernah menduga bahwa ada sebagaian orang yang menyukai tulisan alami walau pun tulisan tersebut kurang berbobot. Apa yang ingin dilihat oleh mereka? Kealamian, ya kealamian itulah yang ingin mereka lihat. Mereka kadang tak peduli dengan gaya dan tata bahasa Anda yang berantakan. Mereka ingin menikmati tulisan yang alami tanpa dibuat-buat.

Makanya jangan pernah ragu apalagi takut untuk menuliskan kalimat pertama pada sebuah tulisan. Karena bila kalimat pertama sudah bisa ditulis, maka kalimat berikutnya bisa mengalir secara alami. Dan Anda tinggal menulis nya saja. Jangan takut bila ada kalimat yang tidak nyambung, karena 'error' itu biasa terjadi di dalam sebuah tulisan. Banyak orang yang belajar dari kesalahan dan kemudian mencoba untuk memperbaiki nya. Kekuatan dan kebulatan hati itulah yang akan membimbing kita agar bisa menulis sealamiah mungkin agar pembaca merasa terkesan dengan tulisan Anda. Karena kealamiaan itu adalah warna, dan warna itu memang alami.

5. Berikan Sentuhan

Terakhir, jangan lupa untuk memberikan sentuhan pada tulisan Anda. Sebuah sentuhan di dalam tulisan dapat menimbulkan kesan yang mendalam kepada pembaca sehingga mereka akan mengingat dan kemungkinan akan mengulang membaca tulisan Anda kembali. Sentuhan maksudnya adalah sesuatu yang dapat masuk ke dalam hati pembaca, seolah-olah pembaca diajak untuk merasakan apa yang sedang ia baca. Sentuhan tidak hanya sebatas kata-kata manis, atau pun kesimpulan yang di dalam nya terdapat pesan. Kita mempunyai banyak ruang untuk memberikan sentuhan seperti apa yang kita inginkan.

Contoh nya adalah ketika kita menjelaskan tentang pentingnya hidup yang rukun dan damai antara sesama, maka kalimat-kalimat penyejuk hati atau pun pesan-pesan moral dapat ditambahkan sebagai sentuhan nya. Atau bila perlu kita bisa menambahkan hal-hal lain yang dapat membuat pembaca menjadi senang untuk membaca tulisan kita tersebut. Sentuhan tidak harus sesuatu yang berisi nasihat-nasihat yang menggetarkan jiwa. Karena sentuhan itu bisa berbeda-beda aplikasi nya sesuai bagaimana kita bisa mengolah nya menjadi sesuatu yang menyentuh. Bila sudah diberikan sentuhan, maka tulisan pun akan lebih berwarna. Bila sudah berwarna, maka terlalu indah untuk tidak dibaca. Sentuhan seperti itulah yang ingin kita salurkan.

Nah seperti itulah tips memberikan warna pada tulisan. Semoga dapat dipahami dan diaplikasikan agar dapat membantu kita semua yang sedang menggeluti dunia tulisa-menulis. Mohoh maaf jika ada yang kurang dan tidak bisa dipahami. Allahu muwafiq
Tag : Menulis
6 Komentar untuk "Tips Memberikan Warna Pada Tulisan"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top