Sebuah Blog Pribadi Biasa

Tips Agar Tidak Bosan Menulis



Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Kegiatan menulis kadang juga membuat kita menjadi bosan, karena memang kegiatan menulis itu menguras pikiran, waktu, tenaga bahkan bisa juga materi. Padahal menulis itu adalah kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi si penulis. Nah pada kesempatan kali ini kita akan berbagi tips bagaimana caranya agar kegiatan menulis itu menyenangkan dan tidak membosankan.

1. Serius Tapi Santai

Jangan anggap bahwa kegiatan menulis itu sebagai kegiatan yang berat dan melelahkan. Itu sebenarnya adalah cara berpikir yang kurang tepat karena sejatinya kegiatan menulis itu bisa dibuat menjadi santai. Sehingga kita tidak perlu merasa terbebani atau merasa dipaksa. Menulis memang harus dikerjakan secara serius tapi bisa dibawa santai. Anggaplah Anda sedang membangun istana pasir, di mana hal itu adalah kegiatan yang menyenangkan walau pun butuh kecermatan agar istana pasir bisa terbentuk sesuai dengan rancangan awal dan tidak mudah roboh. Walau pun membuatnya agak rumit dan memakan waktu tapi pada akhirnya akan selesai juga dan menjadi indah.

Keseriusan dalam menulis itu tidak serta merta memangkas kenyamanan Anda. Anda juga butuh kenyamanan agar kegiatan menulis tidak menjadi hal yang membosankan, membebani dan melelahkan. Tapi ingat, walau pun Anda bisa santai tapi jangan sampai Anda berleha-leha dan over santai sehingga Anda menjadi kurang serius dan tidak fokus pada apa yang sedang Anda lakukan, yakni menulis. Saking santainya, Anda menjadi kurang produktif dan menjadi seorang pemalas. Nah jangan sampai menjadi seperti itu. Sinkronkan antara keseriusan dan kesantaian Anda agar tidak saling membunuh satu sama lain.

2. Berbagi Pengalaman dengan Penulis Lain

Menulis bisa menjadi sangat menyenangkan dan menghibur jika kita bisa berkumpul dan berbagi pengalaman dengan penulis lain. Komunitas antara penulis adalah sarana yang tepat bagi Anda untuk mengembangkan diri, karena mereka akan memberikan pengalaman, saran, dan kritik kepada kita sehingga kita bisa memperbaiki dan mengembangkan tulisan kita menjadi lebih baik lagi. Karena sesungguhnya para penulis tidak akan pelit dengan ilmu yang mereka miliki. Jangan malu untuk bertanya dan meminta pendapat tentang tulisan Anda karena mereka akan dengan senang hati membantu Anda.

Di dunia maya ada cukup banyak komunitas antar penulis, dan biasanya penulis tersebut memiliki blog pribadi sebagai media menulis atau pun sebagai media berpromosi. Namun banyak juga penulis yang tidak menulis di blog karena lebih memilih menulis di sebuah buku. Anda tidak harus membuat blog untuk menuangkan tulisan Anda di dunia maya, namun saya sarankan lebih baik membuat blog pribadi. Karena menulis di blog itu sangat menyenangkan dan memiliki kepuasan tersendiri. Namun semua kembali kepada Anda. Yang penting Anda tetap senang menulis.

3. Membuat Tema Tulisan yang Berbeda

Kadangkala kita merasa bosan menulis dikarenakan kita kehabisan ide untuk mengembangkan tema atau topik tertentu yang telah direncanakan. Sehingga kita "mentok" dengan tema tersebut, dan ketika kita susah untuk mengembangkannya, kita menjadi bingung, bosan dan malas untuk menulis. Apa yang salah? Kita terlalu memaksakan diri untuk membuat tema tulisan yang itu-itu saja. Padahal sebenarnya kita bisa membuat tema tulisan yang berbeda agar kegiatan menulis kita tetap berjalan seperti biasanya. Bukankah menulis itu sebuah kegiatan yang menyenangkan, lalu kenapa harus dibuat susah?

Membuat tulisan dengan tema yang berbeda juga bisa mengasah kemampuan Anda untuk menjadi penulis yang tidak kaku, kreatif dan serba bisa. Tapi bukan berarti tulisannya menjadi tidak bermutu, usahakan walau tema nya berbeda namun ada "bobot" di dalam tulisan tersebut walau pun tidak terlalu banyak. Siapa tahu Anda bisa berkembang sejalan dengan waktu, karena jika sudah terbiasa maka pengalaman akan memberikan Anda inspirasi untuk terus memvariasikan tulisan Anda sehingga tulisan Anda tidak membosankan dan Anda pun tidak merasa bosan juga. Karena saat itu kegiatan menulis Anda telah menjadi kesenangan bagi Anda.

4. Merubah Paradigma

Pernahkah Anda bermimpi untuk menjadi seorang penulis yang terkenal dan menghasilkan banyak uang dari kegiatan menulis tersebut? Pernahkan Anda berpikir apa jadinya ketika mimpi tersebut ternyata bertolak belakang dengan kenyataan? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu bisa Anda tanyakan pada diri sendiri dan direnungkan kembali karena dikhawatirkan akan berdampak buruk pada konsistensi Anda dalam menggeluti dunia tulis-menulis. Kenapa saya bilang begitu? Karena kalau sejak awal sudah ada 'mindset' untuk menjadi terkenal dan kaya, takutnya bakalan kecewa kalau tidak sesuai harapan. Berharap sih boleh, tapi jangan terlalu diharap-harapkan. Kalau mau enjoy menulis, ya sejak awal harus dirubah dulu paradigma kita agar tak kecewa di kemudian hari.

Menulis memang bisa membuat seseorang terkenal dan menghasilkan uang. Apalagi kalau tulisannya memiliki 'value' yang tinggi, tentu karya nya akan dibayar mahal juga. Dan setiap orang berhak bercita-cita untuk menjadi penulis yang terkenal dan berpenghasilan. Tapi, saran saya sih sebaiknya kita ubah dulu pemikiran seperti itu. Kalau ternyata setelah bertahun-tahun kita tidak meraih impian seperti itu bagaimana dong? Apakah kita jadi malas dan bosan untuk menulis? Jangan deh, setidaknya kita bisa menyalurkan hobi kita untuk menulis. Biarlah ketenaran dan materi itu dikesampingkan dulu agar kita kegiatan menulis kita menjadi menyenangkan. Tapi sebenarnya sih boleh-boleh saja kalau mau ada target tertentu, ya tentunya jangan terlalu berlebihan agar tidak terlalu kecewa di kemudian hari. Maka dari itu, sebaiknya rubahlah dulu pandangan kita dan tujuan kita sedari awal.

5. Menulis dengan Alat Tulis
Namun menulis di atas kertas itu dapat membuat kita lebih mudah mengingat isi tulisan kita. Bukan itu saja, menulis di atas kertas itu memiliki rasa atau sensasi yang berbeda dibandingkan menulis dengan perangkat digital. Apa saja itu? Diantaranya adalah rasa puas ketika bisa mengabadikan tulisan tangan di atas kertas, biar pun kurang rapi yang penting itu tulisan tangan sendiri. Pokoknya beda deh dibandingkan menulis dengan perangkat digital. Kalau tidak dicoba, gak akan tahu. Bukannya mau menyuruh menulis dengan alat tulis, tapi ini bertujuan agar kita tidak merasa bosan saja sehingga kegiatan menulis akan terasa lebih berwarna. Atau bisa juga kebalikannya, jika kita terbiasa menulis dengan alat tulis, maka cobalah menulis di perangkat digital agar kita bisa merasakan semua sensasinya.

Nah itulah tadi tips bagaimana agar kegiatan menulis itu menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Semoga bermanfaat bagi kita semua yang hendak atau sedang menekuni dunia tulis-menulis. Mohon maaf jika banyak kekurangan, namanya juga penulis amatiran kok hehehe. Kalau ada saran dan kritik, silahkan Anda tulis di kolom komentar. Jangan malu-malu apalagi ragu-ragu karena saya sangat senang menerima masukan dari Anda, asalkan sopan dan beradab. Allahu muwafiq
Tag : Menulis
14 Komentar untuk "Tips Agar Tidak Bosan Menulis"

ane kadang juga sangat bosen gitu nulis mulu di blog gan :(

ini sudah biasa, saya pikir setiap blogger pasti pernah merasakannya mas

males tingkat dewa pernah saya alamin, 3 bulan ga update blog :(

saya juga gitu, bahkan pernah gak ngeblog beberapa tahun mas

Tips bermanfaat nih khususnya bagi penulis blogger, soalnya kadang ada saatnya rasa bosan atau jenuh yang datang membuat pikiran tidak bisa menemukan ide tulisan yang menarik..

alhamdulillah kalau bermanfaat :)

Oalahh ternyata itu, makasih banget =D Blog nya juga bagus bikin betaha aja (y)

5 Template Blog Keren Responsive Terbaru gratis

Nomer pertama sering saya kerjakan. secangkir kopi, gorengan dan atau yang lainnya bisa menemaninya. sangat efektif juga menulis ketika suasana ruangan yang tentram, seolah membuat ide pemikiran yang jernih.
Terima kasih sudah berbagi :)

Candra

iya sama2. Terima kasih sudah mampir ke blog saya

hehehe iya mas Candra, blogging sambil ngopi emang paling mantap pokoknya dah :)

tips nya sangat bermanfaat bagi saya gan, ijin bookmark ya

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top