Sebuah Blog Pribadi Biasa

Tantangan Dalam Dunia Blogging


Assalamu'alaikum. Seorang blogger bila sudah terjun ke dalam dunia blogging maka sebenarnya harus siap untuk menangani blog nya agar bisa terus berkembang walau pun usaha seperti itu tidaklah mudah. Butuh waktu dan kerja keras agar blog yang "di-handle" itu bisa menjadi blog yang berhasil mencapai kesuksesan. Ada beberapa tantangan yang harus bisa diatasi dan dilewati untuk mencapai kesuksesan itu. Berikut ini adalah beberapa tantangan dalam dunia blogging.

1. Bagaimana Cara nya Menghadirkan Konten yang Bagus

Sangat benar jika dikatakan bahwa konten adalah raja bagi sebuah blog. Memang membuat konten yang bagus itu tidak selalu mudah dan membutuhkan inspirasi agar cepat dituangkan ke dalam sebuah blog. Tapi ketika kita sudah mampu membuat nya, maka perlahan-lahan blog kita akan banyak sekali dijejali dengan artikel-artikel yang bermutu, yang dapat dijadikan referensi bagi pembaca blog kita.

2. Bagaimana Cara nya Mendatangkan Pengunjung

Sebenarnya jika tulisan kita sudah bagus, maka perlahan-lahan pengunjung mulai berdatangan melalui mesin pencarian. Namun ini belum cukup, kita dituntut untuk bisa mempromosikan blog kita dari berbagai cara. Cara yang paling mudah adalah dengan membagikan tulisan atau konten blog kita ke social media, forum diskusi atau pun situs bookmarking di dunia maya.

3. Bagaimana Cara nya Menjaga Konsistensi

Di dunia maya banyak sekali blog yang terlantar karena si pemilik nya sudah tidak bisa mengelola blog tersebut dengan baik. Rasa jenuh, malas, lelah dan kesibukan di dunia nyata dapat menyebabkan nasib sebuah blog menjadi terkatung-katung tidak jelas. Butuh kesabaran dan semangat yang membara untuk menjaga agar kita tetap konsisten mengelola dan merawat blog kita tersebut.

4. Bagaimana Cara nya Menyikapi Haters

Biasa nya ada-ada saja haters yang ingin mengganggu kenyamanan kita di dalam dunia blogging. Contoh nya adalah komentar yang tidak sopan, copy paste artikel blog kita tanpa menyematkan sumber asli, bahkan ada pula yang melakukan "jingling" dan "boom click" pada iklan yang kita pasang di blog kita. Tujuan nya tidak lain hanya untuk merusak citra kita dan blog kita. Kita harus tetap sabar dan waspada dalam menghadapi orang gila dan pendengki seperti ini.

5. Bagaimana Cara nya Menjalin Kekeluargaan ke Sesama Blogger

Seorang blogger tidak bisa lepas dari hubungan dengan para blogger lain nya. Mereka adalah mitra sekaligus tempat untuk berkonsultasi untuk mengembangkan blog kita. Maka dari itu kita dituntut untuk menjaga hubungan yang baik dan saling percaya dengan mereka. Sejatinya mereka bukanlah saingan atau musuh bagi Anda, karena mereka termasuk ke dalam keluarga kita juga, yakni keluarga besar blogger.

6. Bagaimana Cara nya Mengembangkan Blog ke Tingkat Lanjut

Kalau pamor atau popularitas blog kita sudah bagus di mata pembaca dan mesin pencarian, ada baiknya kita mulai untuk melebarkan sayap agar blog kita semakin berkembang. Mulailah untuk menjalin kerjasama dengan blogger lain nya untuk bertukar link, atau malah membuka lowongan kepada blogger lain untuk menjadi penulis tamu di blog kita. Dan yang paling menyenangkan adalah bagaimana cara nya kita bisa mendapatkan uang dari aktifitas blogging kita tersebut. Blogger mana sih yang tidak tertarik dengan uang?

Itulah tantangan yang harus nya bisa kita lewati dalam dunia blogging. Semoga dapat dipelajari dan dipahami oleh sobat sekalian. Allahu muwafiq.

Tag : Blogging
0 Komentar untuk "Tantangan Dalam Dunia Blogging"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top