Sebuah Blog Pribadi Biasa

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Blog


Assalamu'alaikum. Mungkin bagi blogger pemula yang baru saja membuat blog masih bingung hendak melakukan langkah-langkah apa saja setelah membuat blog. Bisa jadi ia sebenarnya telah memiliki konsep yang telah direncanakan sebelum membuat blog. Biasanya konsep tersebut lebih merujuk kepada topik apa yang akan ia bawakan di dalam blog nanti nya. Namun untuk membantu para blogger pemula, di sini saya akan sedikit berbagi tips apa saja yang harus dilakukan setelah membuat blog.

1. Menentukan Topik

Topik dalam sebuah blog peranan nya sangat vital di dalam membangun dan mengembangkan blog. Anda harus menentukan topik apa yang akan Anda bawakan, apakah hanya membahas satu topik atau dengan topik yang beragam. Blog yang membahas satu topik akan lebih mudah mendapatkan pengunjung yang tertarget, karena ada tipe pengunjung yang menyukai blog dengan topik khusus. Selain itu blog lebih memiliki jati diri yang dapat dibanggakan suatu saat nanti. Dan yang lebih penting, blog seperti ini lebih mudah merangkak naik di Search Engine, dan lebih stabil (susah digeser) kalau posisi nya sudah bagus di Search Engine. Kelemahan nya adalah Anda agak sulit untuk mencari ide, karena terpaku dengan topik yang itu-itu saja. Jadi jangan heran kalau jumlah postingan nya tidak begitu banyak.

Sedangkan blog yang memiliki topik yang beragam (biasa dikenal dengan istilah 'blog gado-gado') dapat mendatangkan jumlah pengunjung yang lebih banyak. Anda bisa dengan leluasa menulis apa saja yang Anda sukai sehingga jumlah postingan nya lebih banyak dan bervariasi. Kekurangan nya tentu saja blog seperti itu kurang memiliki ciri khas. Posisi nya di Search Engine bisa tergeser kalau tidak dioptimasi dengan baik. Jadi semua terserah Anda mau memilih topik yang bagaimana.

2. Mengatur Desain Blog

Jangan pernah menyepelekan desain template kalau ingin mengembangkan blog. Walau pun terdengar sepele, tapi bisa mempengaruhi naik turun nya blog Anda. kenapa bisa begitu? Kalau Anda memilih template yang kurang ramah, berat, kurang responsif dan tidak mobile friendly, dijamin blog Anda bisa turun posisi nya di Search Engine. Maka dari itu pilih lah template yang ramah dan responsif terhadap berbagai perangkat digital, entah itu komputer, tablet, smartphone atau pun handphone biasa. Pilih template yang ringan dan cepat ketika diakses dan memiliki struktur yang rapi.

Bukan hanya sebatas template saja, Anda juga harus bijak dalam memasang widget yang akan Anda gunakan. Pasang lah widget yang penting-penting saja, seperti; label, arsip, postingan terpopuler, atau beberapa akun media sosial yang dapat diikuti oleh pengunjung. Hindari memakai widget yang terlalu banyak yang hanya akan membuat load blog Anda semakin berat, dan akhirnya ditinggalkan oleh pengunjung. Jadi sepintar-pintar Anda sajalah dalam mengatur nya.

3. Mulai Membuat Konten

Setelah Anda selesai mengatur desain blog dengan rapi, kini Anda bisa memulai untuk membuat konten yang telah Anda tentukan topik nya terlebih dahulu. Buatlah konten yang Anda kuasai atau yang Anda minati. Kalau memang bisa membuat artikel yang unik, maka buat lah seunik mungkin karena mesin pencarian sangat menyukai hal itu. Perbanyak referensi dengan membaca tulisan-tulisan yang telah ada. Jangan terlalu memaksakan diri untuk membuat konten yang tidak Anda kuasai karena dapat mempengaruhi citra blog Anda. Buatlah artikel yang mampu menarik pengunjung agar dapat singgah kembali ke blog Anda.

Saya sangat menyarankan Anda untuk menulis sendiri tanpa menyalin dari tulisan lain seperti dari media cetak. Ini bertujuan agar Anda terbiasa menulis. Memang tidak semua orang bisa dengan cepat menemukan ide untuk menulis tapi berusahalah untuk menulis apa saja yang bisa Anda tulis. Setelah Anda telah selesai menulis, maka periksa kembali tulisan Anda tersebuat apakah masih ada yang kurang dan harus diperbaiki lagi. Kalau Anda mengutip tulisan dari sumber lain, maka jangan lupa untuk menuliskan sumber asli nya. Jangan sampai Anda nanti disangka sebagai plagiat. Setelah itu Anda bisa mempublikasikan nya.

4. Promosikan Konten Anda

Kalau sudah mempublikasikan konten, maka langkah selanjutnya adalah mempromosikan konten tersebut ke berbagai media. Anda bisa memakai social media seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lain nya. Karena social media adalah tempat yang paling mudah dan paling cepat untuk mempromosikan artikel. Kalau masih kurang, Anda bisa bergabung ke berbagai forum dan situs bookmarking agar tulisan Anda bisa mendapatkan pengunjung yang melimpah. Anda bisa juga melakukan blogwalking dengan berkunjung ke blog-blog tertentu dengan harapan merekan akan mengunjungi balik blog Anda.

Kalau ada pengunjung yang memberikan komentar yang berupa masukan, maka Anda bisa mempertimbangkan ny. Karena pendapat mereka sangat membantu untuk perkembangan blog Anda. Respon komentar mereka dengan cara dan bahasa yang baik agar mereka merasa nyaman, betah dan merasa dihargai. Bina hubungan yang baik ke pengunjung, terutama bagi mereka yang sering memberikan masukan berharga bagi blog Anda. Kecuali kalau komentar mereka adalah komentar sampah yang tidak perlu direspon, maka Anda bisa menghapus nya.

5. Daftarkan Blog ke Webmaster

Kalau sudah mempublikasikan artikel blog dan mempromosikan nya ke berbagai social media, forum, situs bookmarking dan lain-lain maka langkah yang mesti dilakukan selanjutnya adalah mendaftarkan blog ke webmaster. Ini bertujuan agar semua isi blog dapat terindeks di mesin pencarian sehingga pengunjung bisa menemukan konten blog Anda. Bukankah kita ingin agar semua isi blog kita dapat ditemukan dan dinikmati oleh pengunjung? Maka dari itu jangan pernah lupa untuk mendaftarkan blog ke webmaster.

Anda bisa mendaftarkan blog Anda ke webmaster terkemuka seperti Google dan Bing. Sebenar nya Google juga sangat mudah mengindeks konten-konten dari blog yang dibuat di blogspot walau tanpa disubmit di webmaster nya, tapi kadang butuh waktu agak lama jika kita langsung mensubmit blog kita di webmaster. Alangkah bagus nya jika langsung disubmit saja agar lebih cepat terindeks. Kalau Anda ingin hasil yang lebih baik lagi, Anda bisa mensubmit URL artikel blog Anda ke webmaster satu-persatu. Jadi setelah mempublikasikan satu artikel, langsung disubmit saja URL artikel tersebut ke webmaster.

6. Lihat Statistik Blog

Tinjau kembali konten mana yang mendapatkan pengunjung paling banyak terutama pengunjung yang berasal dari mesin pencarian. Periksa statistik blog Anda, lihat kata kunci apa saja yang sering diketikkan oleh pengunjung di mesin pencarian. Ini berguna agar Anda bisa membuat tulisan dengan topik yang sama dengan artikel yang berbeda lagi. Dan Anda periksa pula artikel mana saja yang kurang diminati pengunjung agar Anda bisa mempertimbangkan apakah mau meneruskan tulisan yang sejenis atau tidak. Anda bisa mempromosikan ulang tulisan tersebut agar kembali naik di mesin pencarian.

Sangat disarankan untuk menggunakan Google Analytics atau HiStats agar Anda bisa melihat statistik blog lebih akurat. Lihat apakah persentase 'bounce rate' (rasio pentalan) nya besar atau tidak, lihat pula berapa durasi sesi yang dihabiskan oleh pengunjung ketika membuka blog Anda. Masih banyak lagi yang Anda bisa pantau melalui layanan statistik tersebut. Ini tidak lain agar Anda bisa melihat sejauh mana blog Anda berkembang. Apakah semakin populer atau malah tidak ada kemajuan yang berarti.

Nah itulah tadi hal-hal apa saya yang harusnya dilakukan setelah membuat blog. Walau pun hanya sedikit dan sekadar nya saja. Semoga dapat membantu Anda yang sedang memulai blogging. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan atau tidak dipahami. Selamat blogging. Allahu muwafiq
Tag : Blogging
6 Komentar untuk "Hal-Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Blog"

paling susah itu mencari ide topik kak, kalo kakak ada tips nya bisa kasih tahu saya ya.....

Makasih gan infonya . harus di ikuti nih hal - hal yang seperti ini :)

bisa dicek di beberapa artikel saya tentang tips menulis

Kalau sudah buat blog jangan lupa posting terus biar artikelnya banyak, semakin banyak artikel semakin banyak pula kemungkinan dikunjungi oleh banyak orang, iya kan gan!

iya mesti rajin2 buat postingan mas biar rame

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top