Sebuah Blog Pribadi Biasa

Beberapa Kegelisahan Seorang Blogger


Assalamu'alaikum. Menjadi seorang blogger yang bisa 'survive' itu memang tidak lah mudah. Berhari-hari meluangkan waktu untuk mengurus blog memang membutuhkan kesabaran dan kesungguhan hati agar blog bisa tetap bisa eksis. Di dalam aktifitas blogging tersebut kadang muncul rasa gelisah yang seharus nya tidak perlu disikapi secara serius. Kegelisahan itu biasa nya muncul karena ada tekanan dari dalam diris seorang blogger, dan bisa juga disebabkan oleh faktor dari luar. Berikut ini adalah kegelisahan seorang blogger yang harus nya disikapi dengan hati yang tenang.

1. Kegelisahan Karena Dikejar Postingan

Seorang blogger akan merasa bahagia ketika ia mampu membuat postingan secara berkala. Namun memang tidak semua blogger bisa mendapatkan ide dengan cepat untuk menulis di blog. Kadang seorang blogger merasa gelisah ketika ia tidak kunjung menulis artikel baru. Ia cukup cemburu melihat blogger lain bisa menulis artikel dalam jumlah banyak. Kadang ia mengintip blog orang lain untuk 'mencuri ide' namun masih saja ia tak mampu merangkai kata demi kata untuk dijadikan sebagai artikel baru nya. Hari demi hari ia selalu teringat dengan kata 'postingan', seolah-olah postingan itu mengejar dan menghantui nya. Seakan-akan ia dikendalikan oleh blog milik nya. Ada yang seperti itu? Ada, saya pernah merasakan nya.

2. Kegelisahan Karena Blog Sepi Pengunjung

Blogger mana yang tak ingin blog nya memiliki banyak pengunjung setiap hari. Alangkah senang nya hati bila banyak orang yang menyukai blog kita. Namun bagaimana kalau blog kita ternyata sepi pengunjung? Mungkin di antara kita ada yang merasa gelisah saat blog kita bagai kuburan yang sepi. Kadang semangat untuk ngeblog menjadi menurun dan pada akhir nya malas ngeblog. Memang menyedihkan juga kalau blog kita tidak ramai. Mungkin saja karena blog kita kurang menarik atau terlalu berlebihan. Statistik blog memang bisa mempengaruhi mental seorang blogger. Ada yang seperti itu? Ada, saya masih mengalami hal itu.

3. Kegelisahan Karena Artikel Tidak Terindeks

Blogger mana yang tak gelisah jika artikel-artikel pada blog mereka ternyata tidak semua nya terindeks di mesin pencarian. Sehingga tidak bisa muncul ketika ada user yang mencari artikel-artikel tersebut. Sudah capek-capek membuat artikel yang bagus, tapi ternyata belum terindeks juga di mesin pencarian. Memang ada beberapa penyebab nya, misal nya artikel tidak disubmit di webmaster, melakukan optimasi SEO yang berlebihan, melakukan black hat SEO, atau melakukan berbagai pelanggaran lain nya yang kadang kita sendiri tidak menyadari nya. Untuk itu lah kita hendak nya memeriksa tiap artikel kita apakah muncul di mesin pencarian. Jangan sampai jerih payah kita ternyata tak menemui hasil. Ada yang seperti ini? Ada, saya orang nya.

4. Kegelisahan Karena Takut Artikel Dicuri

Dalam dunia blogging ini ternyata banyak sekali penjahat yang suka mencuri konten blog milik orang lain. Sungguh perbuatan yang sangat tercela. Anda tentu tidak mau jika artikel yang sudah kita buat ternyata dicopy-paste oleh orang lain di blog mereka tanpa menyertakan sumber asli nya. Bagaimana tidak gelisah jika artikel kita diklaim oleh orang lain? Jadi lah blogger yang sejati, setidak nya kalau tidak bisa membantu orang lain maka jangan pernah merugikan mereka. Mendingan berusaha sendiri untuk membuat konten yang bagus daripada mencuri milik orang lain, karena itu nama nya kejahatan. Saya rasa banyak blogger yang gelisah kalau artikel mereka dicuri? Saya contoh nya.

5. Kegelisahan dalam Monetisasi Blog

Bagi yang sudah memonetisasi blog pasti pernah mengalami kegelisahan bila ternyata hasil tidak sesuai harapan. Maksud hati ingin mendapatkan uang yang banyak dari aktifitas blogging namun ternyata jumlah penghasilan berkata lain. Sabar, mendapatkan uang dari blogging itu memang susah-susah gampang. Kita perlu banyak belajar, mungkin saja kita belum mengetahu trik nya. Ada begitu banyak tempat belajar monetisasi blog di internet yang dapat kita jadikan sebagai panduan. Memang cukup menyedihkan bila penghasilan tak sesuai harapan. Ada yang seperti ini? Ada, saya sendiri.

6. Kegelisahan Karena Takut Blog Akan Dihapus

Dari semua kegelisahan-kegelisah yang telah disebutkan di atas, mungkin ini lah kegelisahan yang paling membuat gelisah. Apakah Anda pernah berpikir bahwa blog gratisan itu bisa saja dihapus oleh penyedia layanan blogging terkait? Ya, sangat banyak blog gratisan yang dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Biasa nya blog tersebut dihapus karena telah melanggar aturan yang disyaratkan oleh penyedia layanan blogging terkait. Blogspot dari Google mungkin yang paling ganas dalam hal ini. Mereka sangat ketat dalam memberantas blog-blog yang melanggar kebijakan. Sedangkan provider lain masih cukup kalem. Maka nya hati-hati jangan sampai kita melanggar kebijakan mereka. Ada yang gelisah untuk masalah ini? Ada, ya saya ini.

Nah mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mohon maaf jika ada kekurangan dan susah dipahami. Semoga kegelisahan kita tidak mengurangi gairah kita dalam dunia blogging. Semoga bermanfaat. Allahu muwafiq.

Tag : Blogging
10 Komentar untuk "Beberapa Kegelisahan Seorang Blogger"

Kegelisan yang disebutkan di atas hal yang bisa dimaklumi kiranya, namun jangan sampai mengurangi semangat ngeblog, mungkin bisa menjadi pemicu semangat dan berusaha memberikan yang terbaik

iya, berusaha aja biar kegelisahan itu bisa diredam dengan hati yang tenang.

Setuju banget! Tapi kalau aku sih yang buat gelisah itu kalah kalah lomba.. kalau masalah trafik dan pengunjung mah itu kegelisahan bloger blogger yang baru pertama kali build blog.. tapi lambat hari pasti punya pengunjung original kok

Nah, kalau gelisah postingan iya banget, terumata kalau postingan job, duh... bisa bikin cenat cenut

Btw main ke blog baruku yuk.. baru 2 minggu nih.. biar punya visitor hehehe

www.idkurir.com

hahaha ternyata ada yang gelisah karena hal seperti itu, untung saya belum ke tahap sana. Okelah nanti saya main2 ke blog antum

semangat ngeblog gan .. sstuju dg yang pertama, dalam sebulan aku cuma bisa post atikel 2 - 3 aja, kadang kalo liat blognya temen-temen sebulan bisa sampe 10 posting, bikin gelisah ..:D

santai aja gan, kita sebenarnya tidak perlu memaksakan diri ketika belum mendapatkan ide tulisan.

enam poin kegelisahan seorang blogger yang memang patut diwaspadai blogger, tapi terlalu gelisah juga kurang bagus...positif pikiran ajah mungkin lebih bijak

tidak lupa saya klik G+ nya, soalnya artikelnya(bagi nubi seperti sayah mah) keren sih

warning kolom komentar yang ini: .....dan kekanak-kanakan akan dihapus....
kayanya nggak asik deh

hehe iya, jangan sampai jadi blogger yang gelisah. terima kasih sudah berkunjung dan menambahkan saya di google+.

untuk menghindari komentar yang ngalor ngidul aja mas.

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top