Sebuah Blog Pribadi Biasa

5 Tips Ketika Hendak Menulis

Bismillah...

Mungkin di antara teman-teman yang merasa kesulitan ketika hendak menulis. Padahal sebenarnya teman-teman sudah memikirkan apa yang ingin ditulis tapi tiba-tiba saja niat tersebut batal karena bingung mau memulai dari mana. Pada kesempatan kali ini, saya mau berbagi tips menulis berdasarkan pengalaman pribadi. Sependek yang saya tau, ada beberapa tips yang bisa menjadi titik awal dalam menulis, diantaranya:

1. Menentukan Topik

Di sini teman-teman harus tau dulu topik apa yang mau ditulis. Gagasan atau ide nya bisa muncul dari berbagai cara, diantaranya adalah fenomena yang sedang terjadi, pengalaman pribadi atau orang lain, atau hanya ingin sekedar berbagi tips, nasehat dan cerita. Namun lebih bagus lagi jika disesuaikan dengan waktu. Misalnya tulisan tentang semangat perjuangan yang disesuaikan dengan hari kemerdekaan.

2. Mencari Referensi

Di sini sobat dianjurkan untuk riset sendiri terhadap topik yang ingin ditulis. Referensi bisa berasal dari buku, internet, koran, majalah atau bahkan pengalaman dari diri sendiri dan orang lain. Lebih bagus lagi jika sobat menemukan referensi tersebut melalui survey sendiri agar tulisan lebih terasa alami.

3. Memulai Menuangkan Ide dengan Menulis

Bila sudah dapat topik yang tepat dan beberapa referensi, maka saatnya sobat menulis. Lebih bagus lagi kalau dibuat kerangka agar lebih terorganisir dan tidak keluar dari topik atau tema tulisan. Jangan terlalu memikirkan tata bahasa yang baku, curahkan saja apa yang ada di kepala sobat.

4. Mereview Lagi Tulisan

Setelah selesai menulis, lihat lagi apakah ada kalimat yang kurang atau tidak cocok. Bacalah minimal 2x agar sobat mengetahui kelemahan tulisan tersebut. Kemudian editlah agar tulisan nya benar. Jangan lupa untuk mengevaluasi nya dengan cara meminta pendapat dari orang lain. Ini demi kemajuan tulisan sobat ke depan nya.

5. Menulis Secara Berkala

Biasanya kalau sudah bisa menulis, maka sobat akan terbiasa untuk menulis terus. Secara alami tangan dan kepala kita akan mulai beroperasi untuk menulis lagi. Lebih bagus jika membuat jadwal sendiri, misalnya sehari 1 kali, ataupun dua hari sekali. Kalau sobat sedang malas menulis, maka banyak-banyaklah membaca untuk mendapatkan ide menulis di kemudian hari.

Nah mungkin cuma itu saja tips dari saya. Siapa tau sobat bisa menjadikan pekerjaan menulis sebagai hobby baru. Mohon maaf bila masih kurang. Semoga bermanfaat.

Tag : Menulis
0 Komentar untuk "5 Tips Ketika Hendak Menulis"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top