Sebuah Blog Pribadi Biasa

Tips Menemukan Ide untuk menulis


Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Di antara kita terkadang ingin sekali membuat sebuah tulisan, entah berupa karya sastra, tips dan trik, tulisan ilmiah dan sebagainya, namun menemui kesulitan untuk memulainya. Bahkan ketika ide tulisan sudah muncul, tak taunya bingung untuk menuliskan apa saja yang hendak ditulis. Nah berikut ini saya akan berbagi tips agar kita semua dengan mudah menemukan ide untuk menulis sehingga kegiatan menulis itu terasa ringan dan menyenangkan. Saya mohon maaf bila tulisan saya ini kurang bermutu, namanya juga pendapat pribadi.

1. Banyak Membaca

Sudah pasti orang yang gemar membaca akan lebih banyak menemukan ide untuk menulis sehingga ketika ia hendak menulis kalimat pertama pun terasa lebih mudah dibandingkan dengan orang yang jarang membaca. Apalagi di era yang serba canggih ini, membaca terasa lebih mudah karena banyak media yang tersedia seperti buku, majalah, koran, jurnal maupun media online. Dengan membaca, orang akan lebih banyak memiliki referensi untuk mengembangkan tulisannya. Sehingga tulisannya akan lebih berbobot karena potensi 'error' yang ia buat lebih kecil terjadi dibandingkan dengan orang yang jarang membaca. Makanya jangan pernah meremehkan kegiatan membaca kalau ingin pandai menulis.

Misalnya Anda rajin membaca tulisan-tulisan mengenai kesehatan, lama-lama Anda menjadi mengerti dan cukup tau tentang cara merawat kesehatan. Nah kenapa gak sekalian saja berbagi ilmu atau informasi mengenai kesehatan? Apalagi kalau tulisan tersebut dipublikasikan lewat media online seperi blog, forum ataupun media sosial. Tentu akan lebih banyak orang yang membacanya. Kalau bisa tambahkan juga beberapa sumber referensi bacaan di dalam tulisan

2. Jalan-Jalan

Siapa bilang jalan-jalan itu tidak bermanfaat dan hanya buang-buang waktu, uang dan tenaga? Jalan-jalan juga bermanfaat untuk menemukan ide dalam menulis. Inspirasi menulis itu bisa datang dari banyak tempat, mulai dari tempat yang menyenangkan sampai tempat yang terasa sangat menjijikkan. Sempatkan untuk membawa alat tulis atau bahkan kamera ketika hendak jalan-jalan. Siapa tau ketika Anda sedang jalan-jalan, Anda melihat kejadian yang menarik atau sesuatu yang dapat menginspirasi Anda dalam menulis. Cobalah untuk mengabadikan setiap momen ke dalam sebuah tulisan agar Anda terbiasa melatih diri untuk menulis.

Misalnya ketika Anda pergi ke kebun binatang, Anda melihat ada pohon pisang, dan di sana ada beberapa ekor monyet sedang makan pisang, nah dari sini kita bisa membuat tulisan tentang lucunya monyet yang sedang makan pisang, atau membuat tulisan tentang tips makan pisang ala monyet. Syukur-syukur kalau Anda bisa mewawancarai para monyet. Intinya apa yang Anda lihat bisa dijadikan bahan tulisan. Jadi Anda gak kehabisan akal untuk membuat tulisan. Kalau perlu ajaklah saya, siapa tau setelah melihat ketampanan wajah saya, Anda mendapatkan inspirasi untuk menulis.

3. Bertukar Pikiran

Apakah Anda termasuk orang yang gemar 'ngumpul-ngumpul' dan 'ngobrol-ngobrol' dengan teman-teman Anda? Sebenarnya obrolan ringan pun dapat dijadikan sebagai bahan untuk menulis. Misalnya teman Anda menceritakan tentang kisah hidupnya, nah Anda bisa mengkajinya lebih dalam untuk dijadikan sebuah tulisan, entah berupa cerpen ataupun sebuah tips. Bukan hanya teman saja, Anda pun bisa mendapatkan inspirasi untuk menulis dari siapa saja, bahkan dari pedagang kaki lima sekalipun. Ajaklah mereka bertukar pikiran, karena kegiatan seperti ini juga bisa menjadi riset yang menyenangkan. Tulislah apa yang Anda peroleh dari penuturan mereka, jadikan setiap cerita mereka sebagai inspirasi menulis Anda.

Misalnya ada teman Anda yang bernama Tedy Farison, ia bercerita tentang kesuksesannya menjadi seorang Youtuber. Nah kenapa tidak diajak kopi darat saja dan dan diajak bincang-bincang? Siapa tau beliau akan berbagi tips atau kiat-kiat agar kita juga bisa menjadi seorang Youtuber yang sukses seperti dirinya. Kalau sudah begini, Anda bisa membuat cerita inspiratif untuk bisa Anda tulis. Pokonya jadikan kesempatan bagi Anda agar mampu melahirkan sebuah tulisan yang dapat menginspirasi orang lain.

4. Menggali Pengalaman Pribadi

Ketika Anda merasa menemui jalan 'buntu' untuk menemukan ide menulis, maka cobalah menuliskan pengalaman pribadi yang telah Anda rasakan, atau yang sedang Anda alami, bahkan gambaran pengalaman dan khayalan apa saja yang mungkin Anda dapati di masa yang akan datang. Semua itu bisa Anda bubuhkan di dalam sebuah tulisan yang menarik. Jangan malu untuk menceritakan pengalaman pribadi Anda, kecuali kalau ada aib di dalamnya. Kalau Anda rutin menuliskan pengalaman pribadi Anda, maka Anda akan terlatih dan terbiasa menulis walaupun hanya berupa catatan harian Anda. Setidaknya ada yang bisa Anda tulis dan tidak melulu menjadi seorang pembaca tulisan orang lain saja.

Misalnya Anda kemarin minum kopi manis, lalu hari ini Anda minum kopi pahit. Nah ceritakanlah bagaimana rasanya minum kopi manis dan kopi pahit, kemudian berikan sensasinya. Lalu Anda menerka-nerka bagaimana rasanya bila nantinya Anda mau minum kopi tapi kopinya gak ada. Nah itu bisa dijadikan sebagai tambahan juga. Intinya Anda bisa memperkaya tulisan Anda sebisa mungkin. Kalau secangkir kopi masih tidak bisa menginspirasi Anda, maka besoknya Anda minum teh saja.

5. Bertanya dan Belajar kepada Penulis Lainnya

Mungkin saja sebenarnya Anda sudah menemukan ide untuk menulis, namun Anda masih kebingungan atau ragu dengan konsep tulisan yang akan Anda suguhkan kepada pembaca. Untuk kasus seperti ini sebenarnya Anda bisa bertanya kepada penulis lain yang sudah berpengalaman. Mintalah pendapat, saran, dan kritik tentang konsep tulisan yang akan Anda Buat. Anda juga bisa mengintip tulisan mereka untuk 'mencuri' ide. Banyak penulis pemula yang belajar dari penulis senior. Jangan pernah merasa minder untuk bertanya kepada mereka kalau Anda ingin menjadi seorang penulis berbakat suatu saat nanti.

Misalnya Anda telah memiliki konsep untuk menulis sebuah cerpen, namun Anda masih menemui kesulitan dalam mengembangkan alur cerita, gambaran tokoh cerita, dan sebagainya. Nah Anda bisa bertanya kepada penulis berpengalaman bagaimana cara membuat, mengembangkan dan memperbaiki konsep cerpen yang telah ada agar menjadi sebuah cerpen yang bagus, menarik dan enak dibaca. Perbaiki setiap kekurangan dan buang hal-hal yang tidak perlu ditulis. Mudah-mudahan setelah mendapat masukan dari penulis lain, Anda bisa menghasilkan tulisan yang benar-benar Anda inginkan.

Nah itulah tips untuk menemukan ide dalam menulis 'versi Andi Wahyudi'. Mohon maaf kalau ada kesalahan ataupun kurang padat. Kalau ada kesalahan, ya dibenarkan saja. Dan kalau kurang padat, tolong ditambahkan agar lebih padat. Semoga tips di atas dapat membantu Anda dalam menemukan ide menulis. Sekian dan terima duit...!

Tag : Menulis
8 Komentar untuk "Tips Menemukan Ide untuk menulis"

keren-keren, tips yang masuk diakal min. thx ya

Kalau ane khusus dalam dunia blog kalau mencari ide ane mah berkunjung aja ke tempat yang sunyi + bawa hp dan power bank. Gak nyampe 10 menit ide langsung datang. Nah tips dari ane tenangin aja diri lo, karena dengan tenang ente mudah dapat ide nulis,malah sebaliknya kita emosi, gak ada mod, beban dan hal lain malah gak ada mod buat nulis,dan males nulis.

Akan Dicoba gan untuk tipsnya

ya, kondisi dan lokasi mesti tenang dan tidak gaduh

iya semoga bermanfaat yah mas

kalo ane jalan-jalan sob, dapat dua keuntungan

jalan2 nya kemana nih? Gak ngajak2 kalo jalan

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top