Sebuah Blog Pribadi Biasa

Terkena Google Sandbox? Jangan Panik!

Assalamu'alaikum. Hai teman-teman apa kabar semuanya? Semoga baik-baik saja dan masih eksis di dunia blogging. Oh ya apakah blog sobat sudah dicek di Google Sandbox Checker? Siapa tau ada yang kena sandbox dari Google.

Sebenarnya apa sih Google Sandbox itu? Google Sandbox adalah hukuman atau penalti yang diberikan oleh Google akibat blog kita melanggar ketentuan-ketentuan dari Google, seperti copy-paste artikel, berlebihan dalam optimasi SEO, atau konten berisi hal-hal yang terlarang.

Apa saja bentuk hukuman atau penalti dari Google Sandbox?
  1. Deindexed - Ketika domain Anda secara penuh dihapus dari Google. Biasa dikenal sebagai Banned.
  2. Penalized - Ketika domain atau halaman Anda masih muncul tapi tidak satupun dari halaman-halaman tersebut dapat ditemukan melalui query pencarian langsung. Penalti bisa terjadi otomatis melalui algoritma Google atau dilakukan secara manual oleh Google Quality Engineer.
  3. Sandboxed - Domain atau halaman Anda tidak deindexed (masih terindeks) atau tidak dipenalti, tapi trafik yang Anda dapatkan dari Google seketika merosot secara dramatis.
Lalu bagaimana cara mengetahui apakah blog kita terkena Google Sandbox atau tidak? Mudah saja, cukup ketikkan saja keyword Google Sandbox Checker Tool, nanti akan muncul banyak situs yang menyediakan tool tersebut. Atau Anda bisa langsung cek DISINI saja.
  1. Masukkan url alamat blog Anda di kotak yang tersedia. Misalnya saya mengetikkan alamat blog saya andiwahyudi.com sebagai contoh. Kemudian tekan tombol "Check"!
  2. Setelah itu muncul akan pemberitahuan apakah blog kita kena Google Sandbox atau tidak. Alhamdulillah untuk blog ini muncul tulisan "andiwahyudi.com looks OK!". Ini tandanya blog saya tidak terkena Google Sandbox.
  3. Tapi jika muncul tulisan "andiwahyudi.com is possibly penalized or sandbox by google", itu tandanya blog saya kena Google Sandbox.
Bagi Anda yang terkena Google Sandbox jangan langsung sedih dulu, karena saya juga pernah mengalaminya saat memindahkan konten blog yang lama ke blog yang ini. Mungkin google menganggap ini sebagai tindakan copy paste. Percaya atau tidak, Google Sandbox itu bisa hilang sendiri seiring dengan waktu. Saya saat itu cuek saja dan terus membuat postingan, ternyata blog saya bisa bebas dari Google Sandbox. Tapi bagi yang ingin cepat keluar dari Google Sandbox, ada tips nya:
  1. Hapus artikel copy-paste atau artikel yang melanggar kebijakan google.
  2. Perbaiki link yang rusak di dalam blog atau buang saja link tersebut.
  3. Berhenti mencari backlink secara berlebihan. Lakukan dengan sewajarnya saja.
  4. Berhenti melakukan optimasi SEO secara berlebihan. Apalagi jika umur blog masih baru dan jumlah artikel masih sedikit.
Saya rasa tips tersebut sudah cukup untuk mengeluarkan blog kita dari jeratan Google Sandbox. Tidak perlu melakukan teknik yang merepotkan lainnya. Santai sajalah dalam hal ini dan jangan panik sehingga membuat Anda ingin mengakhiri hidup lebih cepat, sampai-sampai mengeluarkan busa dari mulut.

Ya sudah mungkin itu saja postingan kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Selamat blogging, dan tetaplah jadi diri sendiri.
Tag : Blogging
3 Komentar untuk "Terkena Google Sandbox? Jangan Panik!"

wah bermanfaat gan thanks yaa

Wah bagus info nya gan
Https://fadjar-blog.blogspot.co.id

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top