Sebuah Blog Pribadi Biasa

Syarat Agar Diterima Google Adsense

Assalamu'alaikum. Blogger mana yang tak tergoda dengan uang dari bisnis periklanan seperti Google Adsense yang sudah sangat populer di kalangan para blogger. Banyak sekali blogger yang mencoba untuk diterima sebagai publisher, ada yang diterima dan ada pula yang ditolak berkali-kali karena memang Google memiliki kriteria tertentu untuk menerima para calon publisher.

Nah kali ini saya akan memberikan beberapa tips agar diterima oleh Google Adsense. Semoga bisa membantu Anda semuanya.
  1. Buatlah blog yang membahas 1 topik saja. Misalnya Anda ingin membuat blog yang membahas topik tentang tutorial komputer, maka jangan mencampuradukkan topik tersebut dengan topik yang lainnya. Google menyukai blog yang berisi topik khusus, alias tidak gado-gado. Walaupun ada juga blog gado-gado yang diterima oleh Google Adsense, itu karena blog mereka sudah mempunyai posisi yang bagus di SERP dan ramai pengunjungnya.
  2. Buatlah artikel yang orisinil hasil buatan Anda sendiri. Jangan membuat dan memposting artikel hasil copy paste dari situs lain. Usahakan untuk rutin membuat artikel orisinal setidaknya 1 kali dalam 3 hari agar Google mengetahui bahwa Anda memang konsisten dalam membuat konten. Kalau tidak bisa membuat artikel sendiri, Anda bisa menulis ulang sebuah tulisan dari buku ke blog Anda.
  3. Buatlah artikel dalam bahasa Inggris. Artikel yang berbahasa Inggris lebih mudah diterima dibandingkan dengan artikel berbahasa Indonesia. Namun bagi Anda yang kurang mampu melakukannya, sebaiknya jangan memaksakan diri. Karena blog berbahasa Indonesia juga bisa diterima asal kontennya orisinil dan pageviewnya tinggi, namun komisi yang didapatkan tidak sebesar blog berbahasa Inggris.
  4. Tingkatkan pageview pada blog Anda. Blog yang memiliki pageview dengan kisaran 10.000 pageview ke atas dalam 1 bulan akan lebih mudah diterima. Segera promosikan blog Anda ke media sosial, forum, atau bookmark agar mendapatkan limpahan pageview. Rajin-rajinlah pula untuk blogwalking agar blog Anda dikunjungi oleh blogger lain juga.
  5. Beli Top Level Domain (TLD). Sebenarnya tanpa membeli TLD pun Anda tetap bisa diterima, namun jika bisa memakai TLD akan lebih bagus lagi karena blog Anda terkesan profesional, ekslusif dan lebih serius. Anda bisa membeli TLD yang berekstensi .com, .net, .biz. Jadi jika sebelumnya blog Anda memiliki alamat tutorial.blogspot, maka bisa Anda ubah menjadi tutorial.com. Namun ini tidak wajib, cuma saran saja.
  6. Buatlah desain blog yang simple. Desain juga patut dipertimbangkan untuk bisa diterima oleh Google Adsense. Jangan membuat desain yang terlalu glamor dan rame hingga membuat tampilan blog menjadi seperti pasar dan loadingnya lambat. Buatlah desain yang simple dengan permainan warna yang enak dipandang mata pengunjung.
  7. Tunggulah sampai blog benar-benar siap didaftarkan ke Google Adsense. Beberapa blogger mengatakan bahwa blog yang berumur 1 tahun ke atas lebih mudah diterima oleh Google Adsense walaupun ada juga blog yang umurnya tidak sampai 1 tahun sudah bisa diterima. Terkadang Google tidak bisa ditebak-tebak, kadang mereka dengan mudah menerima calon publisher yang umur blognya baru beberapa bulan. Sepertinya Google memang punya pertimbangan lain dalam hal ini. Namun saran saya sih biarkan saja dahulu usia blog Anda sampai 1 tahun, agar Anda bisa mengembangkan konten pada blog Anda dan meningkatkan pageview dan posisi di SERP.
Mungkin itu saja tips agar bisa diterima Google Adsense. Syarat-syarat di atas memang tidak mutlak 100% harus dilakukan. Seperti yang saya bilang tadi bahwa terkadang Google memiliki pertimbangan lain dalam menerima atau menolak calon publishernya. Namun alangkah baiknya jika tips di atas dipertimbangkan agar lebih mudah diterima oleh Google Adsense.

Sekian tips dari saya, semoga dapat membantu Anda dan semoga Anda berhasil mendaftar Google Adsense. Selamat mencoba!
Tag : Bisnis
0 Komentar untuk "Syarat Agar Diterima Google Adsense"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top