Sebuah Blog Pribadi Biasa

Perangkat Jaringan Komputer

Assalamu'alaikum. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang perangkat jaringan komputer sebisa mungkin.

Dalam merancang sebuah jaringan komputer, kita memerlukan dukungan hardware dan software. Namun selain perangkat komputer, ada juga komponen penting seperti kabel koneksi, router, bridge, repeater, hub, ethernet card.

  1. Server. Ini merupakan induk dari semua komputer yang terhubung dari sebuah jaringan komputer. Di dalam server terdapat program, database dan sistem operasi. Server berfungsi sebagai pengendali utama dari jaringan komputer yang dapat mengirim data dan informasi, serta memantau kegiatan yang dilakukan oleh client.
  2. Client. Ini merupakan anak dari server yang mendapatkan kebebasan dalam mengakses dan berbagi data di dalam sebuah jaringan komputer. Tentu saja semua yang dilakukan oleh client dapat diawasi oleh server.
  3. Ethernet card. Ini adalah kartu jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya. Masing-masing ethernet card mempunyai alamat sepanjang 48 bit yang disebut dengan ethernet adress.
  4. Kabel dan konektor. Kabel merupakan sarana penghantar sinyal yang dipasang pada konektor kemudian dihubungkan bersama ethernet card.
  5. Hub. Merupakan connection centre yang membagi sinyal data dari LAN card sekaligus untuk menguatkan sinyal. Hub dipakai untuk menggabungkan kabel-kabel dari jaringan komputer. Hub memiliki lubang konektor yang berbeda-beda.
  6. Repeater. Ini merupakan alat yang dipakai sebagai penguat sinyal yang lemah akibat panjang nya kabel di dalam jaringan komputer. Repeater menerima sinyal dari kabel sebelumnya dan diteruskan ke kabel selanjutnya dengan kekuatan sinyal penuh seperti asli nya.
  7. Router. Ini merupakan komponen penting dalam koneksi WAN. Router bisa menghubungkan LAN yang jauh terpisah, mendukung paket data dari satu sistem ke sistem lain.
  8. Bridge. Ini merupakan hardware yang berguna untuk menyambungkan 2 buah LAN atau lebih dalam suatu jaringan komputer, melebarkan jaringan LAN menjadi lebih besar lagi sehingga semua segmen dapat tersambung.
Mungkin itu saja yang dapat saya jelaskan. Mohon maaf jika ada banyak kekurangan.
Tag : Teknologi
0 Komentar untuk "Perangkat Jaringan Komputer"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top