Sebuah Blog Pribadi Biasa

Penyebab Blog Kalah Bersaing di Search Engine

Assalamualaikum. Mungkin para blogger sering merasa bingung karena artikel blog mereka tidak muncul di peringkat atas pada mesin pencarian, atau memang benar-benar tidak terdeteksi sama sekali oleh mesin pencarian.

Berikut ini akan saya sebutkan beberapa penyebabnya.

  1. Tidak submit URL blog dan URL artikel di webmaster atau wapmaster. Namun jangan terlalu sering submit artikel dalam waktu 24 jam. Paling tidak 1 sampai 3 artikel saja dalam 24 jam.
  2. Banyak memasukkan backlink yang ber-ranking rendah. Lebih baik punya 10 backlink yang ber-ranking cukup tinggi, daripada 100 backlink yang ber-ranking rendah.
  3. Terlalu sering nge-ping. Sebaiknya nge-ping lah sekitar 1 minggu sekali saja. Karena nge-ping secara berlebihan memang tidak wajar dan kurang baik bagi blog.
  4. Tema tidak SEO Friendly. Gunakan tema yang tidak terlalu berat sehingga loading menjadi cepat dan ringan.
  5. Tidak menaruh “meta tag” pada blog. Padahal meta tag dapat mempengaruhi posisi blog dan artikel ketika ada yang mengetikkan keyword pada mesin pencarian.
  6. Sering menaruh spam pada kolom komentar pada blog lain. Sebaiknya hindari juga kata-kata “kunbal”, “mampir”, “follow”. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel.
  7. Jarang blogwalking. Aktifitas blogwalking kita sebenarnya terekam oleh mesin pencarian. Selain itu juga dapat menambah backlink bagi blog
  8. Optimasi SEO yang berlebihan, hingga terkena sandbox dan hilang dari radar mesin pencarian. Jangan terlalu brutal dalam mengoptimasi SEO, lakukan saja sewajarnya.
  9. Malas membuat artikel. Usahakan membuat artikel setidaknya 1 kali dalam seminggu agar blog tetap dalam radar mesin pencarian.
  10. Jangan terlalu banyak membuat auto post atau artikel copy paste. Sesekali buatlah artikel hasil buatan Anda sendiri, sedikitnya 1000 karakter.
Sebenarnya saya juga tidak sepenuhnya menggunakan tips di atas. Karena tujuan saya blogging ini sebenarnya lebih cenderung untuk kesenangan saja, dan tidak terlalu peduli dengan ranking di mesin pencarian. Berbeda dengan teman-teman yang mungkin ingin bersaing di mesin pencarian.

Mungkin itu saja artikel kali ini. Mohon maaf jika ada kekurangan. Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum.
Tag : Blogging
0 Komentar untuk "Penyebab Blog Kalah Bersaing di Search Engine"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top