Sebuah Blog Pribadi Biasa

Pengertian SEO On Page

Assalamu'alaikum. Sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian SEO beserta manfaatnya bagi blog kita. Pada kali ini kita akan membahas tentang salah satu teknis SEO, yakni SEO On Page.

SEO On Page adalah teknik SEO dengan memanfaatkan halaman konten blog. Tujuannya tentu saja agar blog makin populer dan meningkatkan posisi di SERP. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan di dalam SEO On Page ini, yakni:

1. Membuat judul postingan yang tepat, unik dan menarik perhatian pengunjung.

Judul postingan dapat mempengaruhi minat pengunjung untuk membaca konten kita. Coba bandingkan judul artikel berikut:
  • Cara mengatasi jerawat.
  • Cara mengatasi jerawat secara alami dengan herbal.
  • Cara mengatasi jerawat tanpa efek samping.
Kira-kira pengunjung lebih tertarik yang mana? Tentu lebih tertarik dengan judul artikel yang ke-2 dan yang ke-3 bukan? Nah alangkah baiknya jika kita memperhatikan judul artikel blog kita agar mampu menarik perhatian pengunjung.

2. Menulis konten asli

Buatlah konten asli, bukan konten copy-paste. Bagaimanapun juga konten adalah raja, sedangkan detail-detail yang lainnya cuma pelengkap. Buatlah konten dengan menggunakan bahasa baku dengan gaya bahasa Anda sendiri, tidak disingkat-singkat, kalau bisa usahakan ditulis minimal 2000 karakter agar dapat menarik perhatian search engine.

3. Memasang gambar

Perlu diperhatikan bahwa memasang gambar pada konten juga cukup penting. Ketika ingin menyematkan gambar, jangan lupa untuk menyimpan file gambar tersebut kemudian diupload, dan jangan copy-paste. Lalu berikan nama file yang singkan, kemudian manfaatkan fungsi Alt dan Title. Usahakan untuk memperkecil ukuran gambar.

4. Menggunakan Judul, Deskripsi dan Meta Tag yang benar pada blog

Ketiga elemen ini cukup penting dalam teknik SEO On Page. Ibarat hendak memberitahukan dan menjelaskan kepada search engine tentang gambaran blog kita. Jadi jangan asal-asalan dalam memilih judul, deskripsi dan meta tag. Alangkah baiknya memilih kata yang tepat.

5. Memasang link yang menuju ke artikel lain.

Jika di blog Anda belum memiliki link menuju ke artikel lain, sebaiknya pasanglah link tersebut. Ini bertujuan agar penyebaran seluruh postingan dapat merata. Jadi seluruh artikel mendapatkan pageview yang tidak jauh persentase nya. Jangan lupa untuk menambahkan juga fungsi "artikel terkait" pada ujung postingan.

6. Desain blog yang ramah

Apakah Anda memiliki blog yang memiliki desain dengan loading yang berat, banyak widget, tidak responsif dan tidak mobile friendly? Kalau iya, maka segeralah anda hapus atau ganti desainnya agar pengunjung menjadi betah. Usahakan agar tema/template blog memiliki loading yang cepat, responsif, mobile friendly dan kurangi widget yang tidak penting.

Nah itulah tadi pengertian dari SEO On Page beserta teknik-tekniknya. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Mohon maaf jika banyak kekurangannya. Selamat mencoba.
Tag : Blogging
2 Komentar untuk "Pengertian SEO On Page"

yah templat sangat dibutuhkan untuk kenyamanan pembaca

tentunya template yang seo friendly yah nggak?

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top