Sebuah Blog Pribadi Biasa

Pengertian SEO Off Page

Assalamu'alaikum. Jika sebelumnya kita telah belajar tentang SEO On Page, maka kali ini kita akan membahas tentang SEO Off Page. Kita akan membahas secara garis besarnya saja. Jika saya membahas tentang SEO, itu bukan berarti saya ini jago SEO, karena saya hanya sekedar tahu tapi tidak selalu menerapkan semua teknik-teknik SEO. Karena saya merasa repot kalau mau mengurusi detail-detail seperti itu.

Apa itu SEO Off Page? SEO Off Page adalah teknik SEO yang berlawanan dengan teknik SEO On Page, yakni dilakukan di luar halaman blog. Tujuannya tentu saja agar blog kita makin populer dan posisinya makin bagus di SERP.

Apa saja yang biasa dilakukan dalam teknis SEO Off Page ini? Berikut ini diantaranya:

1. Mencari backlink

Ini adalah teknik yang cukup merepotkan, karena kita mesti mencari backlink yang berkualitas. Karena semakin bagus backlink yang kita dapatkan, maka semakin bagus pula peringkat blog kita di SERP. Itu akan mempengaruhi popularitas blog kita karena orang biasanya mengunjungi blog yang muncul di halaman pertama di mesin pencarian.

Bagaimana cara mendapatkan backlink?
  • Berkomentar di situs dofollow dengan komentar yang relevan dengan isi situs tersebut.
  • Bertukar link antara sesama blogger yang memiliki topik yang sama/mirip dengan topik pada blog kita.
Dalam mencari backlink, usahakan untuk mencari backlink dari situs dengan Top Level Domain, terutama domain .edu dan .gov. Namun harus diingat, jangan berlebihan saat mencari backlink. Karena blog kita bisa kena banned atau penalti dari google. Lakukan sewajarnya saja.

2. Mempromosikan blog
Sebenarnya mempromosikan blog juga bisa menghasilkan backlink asal media tempat berpromosi tersebut memiliki posisi dan peringkat yang bagus di SERP. Lalu bagaimana cara mempromosikan blog?
- Berpromosi melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+ dan sebagainya.
- Berpromosi melalui situs social bookmark, forum diskusi, atau instant messanger.
- Berpromosi melalui jasa periklanan online seperti Google Adwords dan sebagainya.
- Berpromosi dengan menjadi penulis tamu pada situs yang menawarkan menjadi penulis tamu.
- Berpromosi melalui article directory seperti di www.articlebiz.com dan yang semisalnya
Nah itulah tadi penjelasan singkat tentang SEO Off Page. Mohon maaf bila kurang jelas dan sulit dimengerti. Semoga dapat menambah pengetahuan kita semua. Selamat mencoba.

Tag : Blogging
2 Komentar untuk "Pengertian SEO Off Page"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top