Sebuah Blog Pribadi Biasa

Pengertian Bounce Rate

Assalamu'alaikum. Di dalam melihat status kepopuleran sebuah situs ada beberapa poin atau angka yang dapat kita perhatikan sebagai parameter apakah blog tersebut populer atau tidak. Nah salah satu angka yang patut kita perhatikan adalah Bounce Rate. Apakah yang dimaksud dengan Bounce Rate?

Bounce Rate adalah statistik yang menunjukkan nilai rata-rata pentalan dari sebuah halaman situs, dimana pengunjung akan menutup sebuah halaman situs setelah membuka satu halaman dari situs tersebut. Misalnya, Anda sedang membaca postingan ini, kemudian setelah itu Anda langsung menutup blog saya karena sudah tidak ada postingan yang ingin Anda lihat lagi?

Ada yang berpendapat bahwa semakin kecil nilai Bounce Rate, maka semakin bagus pula situs tersebut. Lalu, berapa nilai Bounce Rate yang bagus itu? Nilai Bounce Rate yang dianggap bagus itu sekitar 30% ke bawah. Tapi saya berpendapat bahwa besarnya nilai Bounce Rate itu tidak selalu berarti bahwa situs tersebut kurang populer atau kurang menarik. Angka tersebut sebenarnya masih relatif, tergantung dari tujuan yang ingin dicapai oleh sebuah situs terkait.

Jika kita membuat sebuah situs dengan tujuan agar banyak yang membaca artikel di situs kita, maka nilai Bounce Rate sebaiknya memang kecil. Namun untuk situs yang ditujukan untuk monetizing, yang dijejali oleh banyak iklan, maka angka Bounce Rate itu masih relatif. Mungkin saja pengunjung mengklik iklan setelah selesai membaca 1 halaman artikel. Tentu saja saat itu browser melakukan pentalan otomatis ke halaman iklan.

Bagaimana Bounce Rate bisa terjadi? Bounce Rate itu terjadi karena beberapa hal, diantaranya:
  1. Pengunjung sudah menemukan artikel yang ia cari, dan tidak tertarik untuk membuka artikel lainnya.
  2. Halaman situs dianggap berat, terlalu banyak widget, sehingga pengunjung tidak nyaman berlama-lama di situs tersebut.
  3. Tidak adanya link menuju artikel lain atau tidak adanya tawaran artikel terkait di dalam postingan yang kita buat.
  4. Konten tidak menarik, asal-asalan, dan tidak sesuai dengan yang diharapkan pengunjung.
  5. Pengunjung ingin mencari referensi lain di situs yang berbeda pula sebagai perbandingan dan tambahan informasi.
Dimana kita bisa melihat angka Bounce Rate? Kita bisa melihat di Alexa.com dengan alamat alexa.com/siteinfo/nama_situs_anda, misal alexa.com/siteinfo/detik.com. Atau bisa juga di Google Analytics bagi yang sudah mendaftar.

Bagaimana angka Bounce Rate bisa didapatkan? Kakak-kakak ku yang manis, manja dan lincah, sebenarnya angka tersebut didapatkan lewat rumus. Cara menghitungnya ternyata sangat mudah loh. Yang penting kakak-kakak semua mengerti sedikit tentang matematika. Rumusnya adalah, Jumlah pengunjung yang mengunjungi satu halaman : Total pengunjung x 100 %.

Contoh misalkan blog si Fulanah binti si Fulan dikunjungi oleh 10000 orang per bulan. Dengan rincian 3000 orang cuma membuka satu halaman lalu langsung pergi. Maka Bounce Rate blog si Fulanah binti si Fulan adalah: 3000 : 10000 x 100 % = 30%.

Mudah kan? Gak susah kan? Gak bingung kan? Gak gundah juga kan? Tapi kita tidak perlu menghitung manual seperti itu, serahkan saja sama neng Alexa dan Google Analytics. Bagaimana supaya nilai Bounce Rate kecil?
  1. Berniat
  2. Perbanyak artikel yang bermanfaat, menarik dan ditulis tanpa asal-asalan.
  3. Hindari desain situs yang berat, terlalu banyak widget yang tidak penting dan iklan yang rame.
  4. Buatlah link menuju halaman ke artikel lain atau tawarkan artikel terkait di dalam postingan.
  5. Tanam link di berbagai situs, kalau bisa tanam link artikel nya biar si pengunjung langsung membuka artikel ketika link tersebut diklik.
  6. Berdo'a dengan khusyu'.
  7. Berikhtiar
Ya sudah mungkin itu saja postingan saya hari ini. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. Oh ya, terimakasih bagi yang sudah memberi komentar tanpa meminta kunjungan balik, memfollow tanpa meminta folback, dan memberi rating secara diam-diam tanpa meminta dirating balik. Blogger yang dewasa memang seperti itu. Padahal konten di blog saya ini biasa-biasa saja, tidak istimewa. Ya sudah, saya mau mengasuh keponakan saya dulu, maklum nangis terus.

Salam blogging!
Tag : Blogging
0 Komentar untuk "Pengertian Bounce Rate"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top