Sebuah Blog Pribadi Biasa

Menjual Hasil Fotografi Di Internet

Assalamualaikum. Mungkin di antara teman-teman ada yang hobby mengumpulkan foto menarik, unik dan langka.  Nah saya akan mencoba berbagi tips untuk agar koleksi foto sobat bisa menghasilkan duit. Ini tips nya:

Cari Situs yang Cocok

Mesin pencarian google akan menyediakan beberapa pilihan situs untuk menjual hasil karya fotografi sobat. Diantaranya adalah istockphoto.com, shutterstock.com, dan bigstockphoto.com. Sobat menaruh foto di situs tersebut, dan ketika ada orang yang mendownload nya, maka sobat akan mendapat bayaran royalti. Enak kan? Namun sebelum memulainya, baca dulu syarat-syaratnya berikut ini:

1. Standard
  • Berkualitas Tinggi. Foto yang sobat upload harus bisa diubah-ubah resolusinya agar bisa dipakai untuk berbagai media cetak dan elektronik.
  • Sempurna secara teknik. Foto yang sobat upload tidak boleh ada cacatnya sehingga akan membuat orang jadi tidak tertarik dan membuat kredibilitas situs tersebut menjadi turun.
  • Besar. Uploadlah foto yang sebesar mungkin, karena foto tersebut akan dipakai untuk berbagai keperluan. Kira-kira minimal 1600×1200 piksel. Karena mungkin saja akan dicetak dalam ukuran besar poster atau sebesar spanduk.
  • Bernilai komersial. Situs stock photography akan membayar foto yang bernilai komersial. Maka dari itu, sobat harus memperhatikan model atau objek foto, dan juga properti yang digunakan di dalam foto. Ingat, foto nya harus hasil karya sobat sendiri dan tidak digunakan oleh pihak lain secara komersial. Dan bukan foto editan.
Foto-foto sobat akan dibayar jika memenuhi syarat-syarat di atas. Berikut hal yang harus sobat buat ketika mendaftarkan diri sebagai partner situs stock photography:

1. Akun

Sobat akan diminta membuat akun yang berisi data pribadi sobat dan juga metode pembayaran (cek, paypal, atau payoneer). Beberapa situs juga mensyaratkan untuk mengupload scan KTP atau SIM.

2. Menyiapkan Foto

Siapkan foto yang sederhana saja dan sesuai dengan syarat-syarat yang sudah saya sampaikan di atas tadi. Sebaiknya foto nya berformat JPG, PNG, PSD, CMYK, PSD atau TIFF. Biasanya format JPG dan PNG itu paling sering dipakai karena mudah ketika hendak diolah.

Nah kalau sudah, sobat tinggal menunggu waktu saja, siapa tau ada klien yang mendownload foto sobat. Misal foto tersebut dibeli klien seharga $ 2.00, nah sobat kemungkinan mendapat royalti $ 0.25. Lumayanlah buat nambahan pundi-pundi dollar sobat.

Maka dari itu jangan ragu-ragu untuk mengumpulkan foto menarik. Apalagi kalau sobat memang punya hobby di bidang fotografi. Semoga berhasil ya.

Wassalamualaikum.
Tag : Bisnis
0 Komentar untuk "Menjual Hasil Fotografi Di Internet"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top