Sebuah Blog Pribadi Biasa

Mengenal Media Sosial

Assalamu'alaikum. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang media sosial yang sampai saat ini masih menjadi primadona pengguna internet di seluruh dunia. Kemajuan media sosial sungguh sangat pesat seiring berjalannya waktu sehingga banyak sekali yang mencoba membuat saingan baru untuk menggeser nama besar beberapa media sosial yang sudah lama eksis sejak dahulu.

Media Sosial (Social Media) adalah alat komunikasi sosial secara online di internet. Para pemakainya dapat berhubungan, berinteraksi, berdiskusi, dan memberikan informasi, dan membuat kelompok bahkan dapat pula saling berbagi bertukar data/file.

Berdasarkan penjelasan Wikipedia, media sosial merupakan sebuah media online, dengan para penggunanya (users) bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual.

Blog, jejaring sosial dan wiki adalah alat media sosial yang paling sering dimanfaaujan oleh orang-orang di muka bumi saat ini.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mengartikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internetyang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content" (Kaplan, Andreas M.; Michael Haenlein [2010] "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media". Business Horizons 53(1): 59–68).

Karakteristik Media Sosial Gamble, Teri, dan Michael dalam Communication Works sebagaimana dikutip Wikipedia menyebutkan, media sosial mempunyai ciri - ciri sebagai berikut :
  1. Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
  2. Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
  3. Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
  4. Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi
Jenis-Jenis Media Sosial Media sosial yang populer digunakan di Indonesia antara lain
  1. Facebok
  2. Twitter
  3. Youtube
  4. Blog
  5. Google Plus
  6. Path
  7. Tumblr
  8. Pinterest
  9. LinkedIn
  10. Instagram
Sebagai salah satu alat interaksi, media sosial tidak cuma digunakan untuk sharing informasi, tips dan trik, tapi juga sebagai sarana menunjukkan diri sendiri (self expression), "pencitraan diri" (personal branding), dan ajang untuk mencurahkan isi hati dan pikiran.

Namun dibalik beberapa manfaat-manfaat media sosial tersebut, terdapat pula beberapa efek negatifnya, diantaranya:
  1. Hal-hal yang bersifat privasi menjadi konsumsi publik.
  2. Munculnya konten-konten pornografi yang mudah sekali diakses oleh user.
  3. Adiksi (kecanduan) terhadap media sosial yang dapat membuat usernya lupa waktu.
  4. Munculnya akun-akun palsu yang digunakan untuk bermacam-macam kepentingan.
  5. Munculnya kejahatan di dunia maya (cyber crime) seperti hacking dan penipuan.
  6. Anak-anak menjadi lupa belajar dan kurang menikmati masa bermainnya sebagai anak-anak.
Dari itulah, kita selayaknya menggunakan media sosial ini sewajarnya saja agar tidak memperoleh efek negatifnya namun mendapatkan manfaatnya saja  Saya rasa cuma itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali. Mohon maaf bila ada kekurangan.
Tag : Teknologi
0 Komentar untuk "Mengenal Media Sosial"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top