Sebuah Blog Pribadi Biasa

Mengenal Backlink dan Manfaatnya

Assalamu'alaikum. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang backlink dan manfaatnya bagi blog Anda. Saya akan jelaskan secara ringkas saja deh...

Mungkin untuk orang yang masih awam dengan dunia website atau blog, mereka masih bingung dengan kata "backlink". Backlink adalah link balik yang mengarah ke sebuah blog atau web karena sebelumnya link tersebut sudah ditanamkan pada blog atau web tersebut. Misalnya saya berkomentar pada blog orang lain dan menyertakan sebuah link balik menuju blog saya. Itu salah satu strategi untuk mendapatkan keuntungan bagi sebuah situs. Atau bisa juga dengan cara memasang link alamat suatu blog pada blogroll, hal ini biasa disebut dengan istilah tukar link.

Backlink mempunyai banyak manfaat untuk perkembangan sebuah situs, di antaranya adalah:
  1. Meningkatkan kepopuleran sebuah situs.
  2. Situs dan artikelnya lebih mudah muncul di Search Engine.
  3. Konten sebuah situs dapat bersaing dengan konten situs lainnya.
  4. Meningkatkan ranking sebuah situs menjadi lebih baik di mata Search Engine.
  5. Meningkatkan jumlah pengunjung dan tentunya trafik sebuah situs akan semakin melesat.
  6. Meningkatkan SERP.
  7. Membuat sebuah situs makin diakui keberadaan nya.
Memang tidak mudah untuk mendapatkan backlink gratis. Karena banyak situs berpage rank tinggi yang melarang menautkan sebuah link pada situs mereka. Karena situs tersebut akan dibenci oleh Search Engine dan dianggap mengandung banyak spam. Namun ada pula situs yang membolehkan kita untuk menautkan link di dalam nya.

Jika memang ingin mencari backlink, maka carilah situs yang berpage rank tinggi, terutama yang memiliki domain .gov atau .edu karena keduanya sangat disukai oleh mesin pencarian. Ini akan sangat menguntungkan bagi blog Anda. Dan usahakan melakukan nya secara natural saja, jangan berlebihan. Karena Search Engine akan mencurigai blog yang memiliki banyak backlink dalam rentang waktu yang singkat.

Oh ya, Anda bisa mengetikkan kata "dofollow blog" di Search Engine untuk mendapatkan info tentang blog yang dapat kita jadikan sebagai tempat untuk menaruh link blog kita. Dan kalau ada yang bisa berbahasa Inggris, Anda bisa berkomentar di situs www.findtheluv.com. Di sana Anda terdapat beberapa blog yang mengupdate artikel setiap hari dan Anda bisa berkomentar dengan menyertakan link blog Anda.

Namun jangan coba-coba untuk berkomentar secara asal-asalan, karena komentar Anda tidak akan diterima dan Anda tidak akan mendapatkan apa-apa, kecuali hanya membuang-buang waktu saja. Jadi berikan komentar yang relevan dengan isi artikel agar Anda mendapatkan lalu lintas menuju blog Anda dan tentu saja Anda akan mendapatkan backlink yang berkualitas.

Mungkin itu saja penjelasan saya tentang backlink beserta manfaatnya. Semoga dapat memberikan informasi dan bermanfaat bagi Anda. Mohon maaf bila ada kekurangan. Assalamu'alaikum.
Tag : Blogging
8 Komentar untuk "Mengenal Backlink dan Manfaatnya"

Lebih baik backlink yang berbayar atau yang gratis ( misalnya : meminta backlink ke blog lain ) gan?

Nah, ini dia cara yang harus dilakukan oleh setiap blogger. Agar blog menjadi lebih berkualitas di mata Mbah hehe

backlink yang paling baik itu seperti apa ya gan yaa

Yang berbayar belum tentu lebih baik mas. Mendingan nyari sendiri aja

Bisa jadi, itu tergantung usaha kita juga mas

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top