Sebuah Blog Pribadi Biasa

Manfaat Blogwalking Dan Seni Berkomentar Pada Blog

Assalamu'alaikum. Mungkin sebagian dari kita sudah ada yang tahu apa itu blogwalking. Namun apa salahnya jika saya jelaskan sedikit tentang blogwalking menurut saya sendiri. Saya tahu bahwa saya bukan master dalam dunia blogging, melainkan hanya seorang blogger yang masih belajar banyak dari para blogger yang lain.

Blogwalking adalah aktifitas saling mengunjungi antara sesama blogger terhadap blog yang dikelola masing-masing dengan tujuan untuk meramaikan sebuah blog dan menjalin silaturrahim antara sesama blogger agar lebih akrab. Dari aktifitas blogwalking ini kita akan mendapatkan beberapa manfaat, diantaranya:
  1. Meningkatan trafik pengunjung. Makin banyak kita blogwalking ke blog orang lain, makin besar kemungkinan blog kita akan mendapatkan kunjungan balasan dari blogger lain pula.
  2. Menaikkan posisi blog terhadap SERP. Makin ramai blog dikunjungi, makin besar pula kesempatan blog kita untuk naik posisinya di SERP sehingga dapat bersaing dengan blog lainnya.
  3. Mendapatkan backlink. Jika kita berkomentar pada blog dofollow yang mengizinkan kita untuk menaruh alamat blog kita, maka tentu saja kita akan mendapatkan backlink.
  4. Menjalin kedekatan antara sesama blogger. Kita butuh blogger lain untuk membantu mengembangkan blog kita agar lebih baik, komentar yang berupa saran atau kritik sangatlah berguna bagi blog kita.
Namun perlu diingat, saat kita sedang blogwalking dan hendak berkomentar pada sebuah artikel, janganlah berkomentar secara asal-asalan dan tidak relevan dengan isi artikel. Karena jika Anda melakukan hal tersebut, maka akan mengakibatkan beberapa hal yang buruk, diantaranya:
  1. Mengganggu dan mengotori blog orang lain. Komentar yang asal-asalan bisa dianggap sebagai spam atau komentar sampah. Hal ini merugikan bagi si pemilik blog yang Anda komentari tadi.
  2. Komentar Anda kemungkinan dihapus oleh si pemilik blog. Tentu saja komentar sampah akan dibenci oleh si pemilik blog, walaupun sebenarnya masih ada juga yang tidak tega menghapusnya namun komentar Anda akan dibalas dengan sindiran atau bahkan tidak dihiraukan sama sekali.
  3. Blog Anda kemungkinan akan sepi pengunjung. Orang yang suka berkomentar asal-asalan tidak akan diapresiasi, citranya buruk dan dibenci oleh blogger lain, sehingga blogger lain malas untuk mengunjungi balik blognya.
  4. Kehilangan kesempatan mendapatkan backlink. Sudah capek-capek mengunjungi dan berkomentar pada blog lain demi mendapatkan backlink, eh ternyata komentarnya dihapus oleh si pemilik blog dan akhirnya gagal mendapatkan backlink. Bukankah itu perbuatan yang sia-sia yang hanya membuang-buang waktu saja?
Maka dari itu jadikanlah aktifitas blogwalking sebagai sarana yang tepat untuk menjalin silaturrahim dan saling memberikan manfaat antara sesama blogger. Jadilah blogger yang dewasa dan cerdas, agar dapat dihargai dan diapresiasi oleh blogger lain. Jangan menjadi blogger yang kekanak-kanakan dan bodoh, yang hanya merusak dunia blogging saja!
Tag : Blogging
0 Komentar untuk "Manfaat Blogwalking Dan Seni Berkomentar Pada Blog"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top