Sebuah Blog Pribadi Biasa

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Assalamu'alaikum. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang jenis-jenis jaringan komputer.

Secara fisik, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu jaringan yang menggunakan media transmisi kabel dan jaringan tanpa kabel (wireless network). Jika dilihat dari ruang lingkup area, jaringan komputer dibagi atas empat macam, yaitu LAN, MAN, WAN, dan internet.

1. LAN (Local Area Network)

LAN merupakan jaringan komputer yang umumnya dipakai di dalam sebuah gedung, kantor, sekolah, perusahaan, dan studio foto yang jaraknya dekat. Contohnya, perusahaan bisa memakai LAN untuk menyambungkan komputer dari masing-masing ruangan dalam kantor tersebut, sehingga lebih mudah untuk saling bertukar data.

2. MAN (Metropolitan Area Network)

Pada dasarnya MAN adalah LAN yang berukuran lebih besar. MAN dipakai sebagai penghubung antara beberapa buah jaringan kecil ke dalam jaringan yang lebih besar. Misalnya, jaringan komputer beberapa kantor cabang sebuah bank dalam satu kota disambungkan antara satu dengan lainnya.

3. WAN (Wide Area Network)

WAN adalah jaringan komputer yang lebih besar dari MAN. Jaringan WAN biasanya memakai sarana transmisi wireless, microwave, atau satelit karena jangkauan WAN mencakup daerah geografis yang luas, yaitu beberapa negara hingga sampai benua. WAN sangat dibutuhkan oleh beberapa perusahaan, seperti bank yang mesti selalu melayani konsumen setiap hari. Misalnya, jaringan komputerBank BCA yang ada di Indonesia dengan yang ada di luar Indonesia saling tersambung. WAN juga digunakan sebagai jaringan mesin ATM di penjuru dunia.

4. Internet (Interconnected Network)

Internet merupakan jaringan komputeryang meliputi user di penjuru dunia. Internet menyambungkan protokol yang sama, yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP adalah sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data komputer di internet.

Mungkin itu saja penjelasan kali ini. Mohon maaf bila ada kekurangan.
Tag : Teknologi
0 Komentar untuk "Jenis-Jenis Jaringan Komputer"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top