Sebuah Blog Pribadi Biasa

Dampak Positif Dan Negatif Parkir Domain

Assalamu'alaikum. Kita tahu bahwa jika membuat blog gratisan maka kita hanya mendapat subdomain saja. Maka dari itu ada banyak blogger yang memutuskan untuk parkir domain biar blognya terkesan profesional, dan untuk mendapatkan Top Level Domain (TLD) maka kita harus membeli pada provider tertentu. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan beberapa dampak positif dan negatif parkir domain pada blog.

1. Dampak Positif Parkir Domain

Ada beberapa dampak positif ketika Anda memutuskan untuk parkir domain pada blog Anda, diantaranya:
  • Blog terlihat lebih profesional, eklusif dan istimewa. Tentu hal ini akan menimbulkan rasa bangga tersendiri bagi si pemilik blog.
  • URL blog lebih pendek, sehingga lebih mudah untuk diingat dan diketik pada address bar. Jadi Anda tidak perlu memakai layanan penyingkat URL untuk homepage lagi.
  • Lebih dipercaya menjadi sumber referensi dibandingkan dengan blog yang memakai subdomain bawaan.
  • Lebih mudah untuk diterima oleh Google Adsense dan jasa periklanan lainnya, serta lebih mudah mendapatkan tawaran bisnis online lainnya.
2. Dampak Negatif Parkir Domain

Selain dampak positif, ternyata ada juga dampak negatifnya, namun sebenarnya ini masih menjadi hal yang relatif, diantaranya:
  • Ranking Alexa kembali "No Data", Pagerank menjadi hilang dan begitu dengan backlink karena blog Anda dikenali sebagai blog baru oleh mesin pencarian.
  • Dianggap sebagai blog peniru karena artikel-artikelnya dianggap copy paste dari blog lain yang sebenarnya adalah blog kita sendiri sebelum parkir domain.
  • Siap-siap kehilangan trafik pengunjung, wajar saja karena blog Anda posisinya turun di mesin pencarian.
  • Jika domain Anda tidak diperpanjang padahal blog sudah terkenal dan posisinya sudah bagus di SERP, maka siap-siap saja menerima kenyataan ketika domain tersebut direseller dengan harga yang mahal oleh provider dan Anda tidak dapat apa-apa kecuali penyesalan.
Sebenarnya dampak negatif tersebut bisa teratasi bila kita serius mengelola blog tersebut sehingga akan kembali seperti semula lagi. Hal terbaik yang dilakukan sebelum parkir domain adalah ketika blog masih kosong tanpa artikel, agar artikel yang Anda buat nanti langsung dikenali sebagai artikel dari blog tersebut.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, mungkin ada kekurangan namun saya dengan senang hati untuk menerima kritikan ataupun saran.
Tag : Blogging
0 Komentar untuk "Dampak Positif Dan Negatif Parkir Domain"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top