Sebuah Blog Pribadi Biasa

Kebahagiaan Menjadi Seorang Blogger


Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Hari-hari dijalani sebagai seorang blogger itu ternyata membuat saya bahagia, setidaknya dapat mengurangi beban pikiran saya karena dihadapkan dengan berbagai persoalan hidup. Mengapa saya katakan begitu? Entah kenapa ketika memandangi beberapa blog milik orang lain, berkomentar, menulis postingan dan lain-lain terbukti memberikan kepuasan tersendiri, walaupun sampai saat tulisan ini dibuat saya belum mendapatkan penghasilan dari aktivitas blogging ini. Tapi biarlah dulu, mungkin ini hanya masalah waktu saja, karena rejeki tidak kemana bila sudah diusahakan. Karena memang tujuan awal saya blogging itu adalah untuk hobi saja, masalah mendapatkan uang atau tidak itu urusan ke-12 hehehe.

Untuk menjadi blogger yang bahagia itu tidak selalu diukur dari penghasilan yang ia peroleh ataupun dari jumlah visitor yang besar. Yang namanya kebahagiaan itu tidak ada alat ukur yang pasti, jadi tiap blogger punya definisi sendiri-sendiri tentang arti kebahagiaan. Sependek ini saya sudah cukup bahagia menjadi seorang blogger meski bukan seorang blogger yang sukses.

Berikut ini adalah alasan-alasan yang membuat saya bahagia menjadi seorang blogger:

1. Kebebasan Berekspresi

Bagi siapa saja yang mempunyai hobi menulis akan merasakan bahwa blogging itu sarana yang jitu untuk mengekspresikan apa yang ada di dalam otaknya, yang dapat ia tuangkan ke dalam sebuah tulisan. Mungkin saja selama ini ia memendam banyak hal yang sulit ia katakan di hadapan orang lain, ataupun menyimpan berbagai ide namun tak ada media yang dapat ia jadikan sebagai wadah untuk menampung semua itu. Dengan menjadi seorang blogger, ia akhirnya bisa berekspresi sesuka hati dengan maksud agar apa yang ia ekspresikan tersebut dapat diketahui, dipahami dan dipraktekkan oleh pembaca tulisannya.

Kok bisa bahagia hanya dengan mengekspresikan diri? Ya bahagia aja. Kalau bisa menuangkan seluruh isi pikiran atau unek-unek itu bikin kita jadi puas, lega sekaligus tenang. Ya daripada dipendam-pendam, mendingan dikeluarin semuanya ya kan? Siapa tau bisa bermanfaat ataupun bisa menghibur diri sendiri ataupun orang lain. Ibaratnya jangan menyimpan makanan terlalu lama di dalam kulkas, nanti lama-lama jadi rusak juga. Mendingan dimakan atau diberikan kepada orang lain. Nah begitulah kebahagiaan seorang blogger, kalau gak dikeluarin semua isi pikiran, rasanya gak enak aja. Tapi kalau bisa, jangan nulis yang menimbulkan provokasi ataupun kontroversi yah. Itu gak baik dan bikin hidup gak bahagia nantinya.

2. Penghilang Stres dan Kejenuhan

Setiap blogger mempunyai aktivitas dan kesibukan masing-masing di dunia nyata, bahkan pengangguran pun sibuk mencari cara supaya tidak menganggur. Semua kesibukan tersebut membuat ia merasa stres dan jenuh, sampai-sampai ia kecapek'an sendiri dan bingung mau berbuat apa. Nah di sinilah seorang blogger dapat menghilangkan sejenak stres dan kejenuhannya dengan cara menulis, blogwalking ataupun ngobrol antar sesama blogger. Kegiatan seperti ini nyatanya memang mengasyikkan sekali bahkan kadang mengundang senyum dan tawa. Kalau sudah begini, hidup pun terasa lebih berwarna, ya kan?

Dengan cara seperti ini kita sebenarnya sudah mendapatkan satu kebahagiaan lagi. Memang tiap orang bisa menghilangkan stres dan kejenuhan dengan caranya sendiri. Misalnya minum kopi dan ditemani musik setelah beraktivitas seharian. Nah kalau sudah jadi blogger, berarti kita bisa minum kopi, dengerin musik sambil blogging donk? Kalau sudah seperti ini, masa' gak ngerasa sedikitpun kebahagiaan sih? Atau emang gak bisa bersyukur? Hehehe.

3. Ada Kebanggaan Tersendiri

Gak tau kenapa ketika kita menjadi seorang blogger menimbulkan rasa bangga. Tapi bukan maksudnya membanggakan diri sendiri loh, apalagi merasa lebih ekslusif dari yang lan, ahhh gak seperti itu kok. Rasa bangganya itu ibarat kepuasan hati karena bisa melakukan hal yang bermanfaat baginya. Ibarat seorang ibu yang berhasil merawat dan membesarkan anak-anaknya menjadi anak-anak yang yang baik dan berguna. Nah begitu pula perasaan bangga seorang blogger yang tidak bisa ia jelaskan dan ia katakan pada burung yang terbang ataupun rumput yang bergoyang.

Jadi, ketika ada yang bertanya 'letak kebanggaan seorang blogger itu di mana sehingga bisa menimbulkan perasaan bahagia?', ya hanya blogger itu sendiri yang tau hehe. Kalau seorang blogger belum merasakannya, mungkin karena ia belum menemukannya saat ini. Saya tidak tahu apa penyebabnya, hanya dia sendiri yang tau. Bagaimana dengan sobat? Apakah sobat bangga menjadi seorang blogger? Mudah-mudahan bangga dan bahagia deh.

4. Memberikan Manfaat

Prinsip saya, kalau blogging tidak memberikan manfaat apa-apa, mendingan gak usah jadi blogger. Sorry, mungkin ada yang kurang berkenan. Kenapa saya bilang begitu? Karena pada hakikatnya, apa saja yang kita kerjakan itu hendaknya memberikan manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Kalau gak bermanfaat, terus kenapa mau dilanjutin ya gak? Nah begitulah ketika kita memutuskan untuk menjadi seorang blogger, masa' gak ada manfaat yang bisa kita peroleh. Kalau saya sih merasakan manfaatnya, mulai dari melatih diri untuk menulis sampai melatih diri untuk lebih bersabar. Sabar ketika gak ada ide untuk menulis, sabar ketika blog sepi pengunjung, sabar ketika gak diterima adsense, sabar ketika ada yang ngeledekin profesi seorang blogger, dan sabar ketika artikel blog kita dicopy-paste hahaha. Kira-kira bener gak omongan saya tersebut? Pokoknya kalau gak bermanfaat, mendingan berhenti jadi blogger, ya daripada ngabisin waktu, pikiran, tenaga bahkan materi ya kan?

Bila semua perbuatan kita itu bermanfaat, tentunya hati jadi puas, senang dan bahagia. Kalau belum merasakan manfaatnya, berarti yang kita lakukan itu tidak cocok untuk kita. Bagaimana bisa bahagia kalau ternyata yang kita lakukan itu hanya sia-sia tiada guna. Oleh sebab itu, yakinkan pada diri sendiri bahwa salah satu tujuan kita menjadi seorang blogger itu ialah untuk memperoleh manfaat, khususnya bagi diri sendiri dahulu, syukur-syukur bisa bermanfaat bagi orang lain. Ya kalau saudara udah bisa dapat uang dari blogging, ya bagi-bagilah, terutama kepada saya ini, isiin pulsa aja juga boleh hehehe.

5. Nikmat

Yang namanya bahagia itu pasti karena ada kenikmatan yang telah didapat, ya gak? Dan kenikmatan itu bentuknya macam-macam. Apa nikmatnya menjadi seorang blogger? Ya nikmat aja, dan saya menikmatinya. Kalau mau dijelaskan, ya sulit untuk dijelaskan. Intinya saya merasa puas, senang dan enjoy dan itu membuat saya bahagia menjadi sorang blogger. Walaupun belum dapat uang dari aktivitas blogger, yang penting saya merasa menikmati profesi ini. Syukur-syukur kalau nanti bisa dapat uang dan jadi blogger sukses hehehe. Jadi kenikmatan-kenikmatan itulah yang membuat saya bahagia menjadi seorang blogger meskipun sulit untuk dijelaskan secara detail.

Senikmat apa menjadi seorang blogger? Senikmat minum air ketika sedang haus, hahaha berlebihan yah? Ya pokoknya nikmat ajalah, kalau gak nikmat berarti gak enak donk? Saya sih nikmat-nikmat aja, gak tau kalau sobat. Kalau sobat belum menemukan kenikmatan menjadi seorang blogger, berarti sobat memang belum memperoleh faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya rasa nikmat menjadi blogger. Apakah ingin menikmatinya? Hanya sobat sendiri yang bisa menemukannya. Dan setelah merasa nikmat, semoga merasa bahagia juga.

Nah itulah tadi penjelasan yang tidak begitu penting dari saya tentang kebahagiaan menjadi seorang blogger. Mungkin saja tulisan tersebut tidak sepenuhnya benar, ataupun dirasa aneh bagi sobat sekalian. Yah namanya juga pendapat, boleh donk kalau berpendapat? Terima kasih telah membaca tulisan saya ini. Semoga dapat memberikan manfaat dan pencerahan bagi sobat semua hehehe.

0 Komentar untuk "Kebahagiaan Menjadi Seorang Blogger"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top