Sebuah Blog Pribadi Biasa

3 Langkah Awal Memulai Blogging

Assalamualaikum. Mengembangkan blog yang sudah Anda luncurkan dan memoles nya hari demi hari adalah hal penting jika Anda mengharapkan popularitas dari blog Anda tersebut. Untuk memulainya demi menuju blog yang produktif, lakukan hal-hal berikut:

1. Ceritakan pada setiap orang tentang blog Anda

Anda mungkin pernah berpikir bahwa para blogger lain adalah saingan Anda, tapi sebenarnya mereka juga bisa menjadi mitra Anda ketika satu sama lain bisa saling berbagi sumber dan isi konten. Berinteraksilah segera mungkin dengan para blogger lain dan buatlah daftar blogger yang Anda kenal tersebut, terutama blogger yang memiliki niche yang sama dengan blog Anda. Ajak para blogger tersebut untuk berinteraksi pada blog Anda khususnya pada topik yang sama.

Tujuan Anda di sini ialah untuk menarik pembaca setelah blog Anda diluncurkan dan juga dapat membantu Anda dalam mempercepat perkembangannya. Sekalipun pemaparan yang Anda sampaikan terlihat sepele, tapi ini penting untuk langkah besar ke depan nya.

2. Lihat apa yang dilakukan oleh Blogger lain

Meskipun topik yang Anda buat memiliki kesamaan dengan blogger lain, namun Anda bisa membuat perbedaan dengan kreasi Anda sendiri. Pantaulah blog lain, karena Anda akan mendapatkan keuntungan untuk menutupi kekurangan pada blog Anda.
Perluas interaksi Anda dengan blogger lain dengan cara berkontribusi di dalam blog mereka, misalnya meninggal komentar yang bermanfaat kemudian sisipkan alamat blog Anda di dalam nya agar bisa dikunjungi oleh pemilik blog dan blogger lain nya. Sehingga mereka juga akan meninggalkan komentar di blog Anda. Dengan kata lain, Anda di sini dituntut untuk menjadi blogger yang aktif.

3. Jangan pelit dengan konten

Jika ternyata isi blog Anda tidak sesuai dengan topik yang sedang Anda bahas, tentu hasilnya akan mengecewakan. Mungkin karena Anda membuat niche yang tidak jelas. Jika tidak menyediakan konten yang bagus dan dapat dipahami oleh pembaca, maka Anda bisa kehilangan langkah ke depan untuk mengembangkan blog Anda. Fokus saja yang banyak pada pembahasan yang berhubungan dengan blog Anda. Postingan yang Anda buat akan mempengaruhi popularitas dan kualitas pada terhadap blog Anda. Ini juga salah satu dari teknik SEO yang bermanfaat.

Demikianlah tips dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi para blogger pemula yang ingin menapakkan kaki nya sebagai calon blogger sukses di masa depan. Semoga berhasil.

Wassalamualaikum
Tag : Blogging
2 Komentar untuk "3 Langkah Awal Memulai Blogging"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top