Sebuah Blog Pribadi Biasa

Tips Agar Tidak Menjadi Seorang Copasser

Assalamu'alaikum. Sebelumnya kita sudah membahas tentang copasser beserta dampak buruknya, dan kali ini saya akan berbagi tips kepada Anda agar tidak menjadi seorang copasser dari aktivitas blogging. Kalau ingin menjadi blogger sejati maka perbuatan buruk tersebut harus dibuang jauh-jauh dan mulailah untuk menulis walaupun seadanya dan tidak terlalu istimewa, apalagi kalau tulisannya bermanfaat bagi orang lain.

Berikut adalah tips agar kita tidak menjadi seorang copasser:
  1. Rajin blogwalking dan membaca artikel dari blogger lain. Percaya atau tidak bahwa dengan rajinnya kita berkunjung dan membaca artikel dari blogger lain akan memunculkan inspirasi bagi kita untuk menulis. Ibaratnya kita mengintip dan mengutip ilmu mereka. Benar kata pepatah, makin banyak membaca makin banyak inspirasi untuk menulis.
  2. Tulis saja apa yang muncul di pikiran. Ketika Anda memiliki ide atau konsep sebaiknya langsung saja tuangkan ke dalam tulisan agar ide tersebut tidak terbenam dan akhirnya Anda malas atau lupa untuk menulisnya di blog Anda, jika sering menundanya maka kemungkinan Anda akan sulit untuk mengulanginya lagi. Karena mungkin saja ide tulisan yang tiba-tiba muncul itu lebih luwes dari segi pembahasannya dibandingkan ketika Anda menundanya di esok hari.
  3. Meringkas tulisan artikel orang lain dengan gaya bahasa Anda sendiri. Ketika tidak muncul ide untuk menulis di blog, sebaiknya Anda meringkas atau menulis ulang tulisan orang lain dengan gaya bahasa Anda sendiri. Ini lebih baik daripada Anda copy paste secara utuh. Anda bisa mengumpulkan beberapa artikel dari berbagai sumber untuk digabungkan dan diringkas, dengan begini artikel di blog Anda lebih fresh dan berbobot bahkan mesin pencarian menyukai artikel seperti ini.
  4. Menulis ulang artikel dari media cetak. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk mengisi blog Anda dengan tulisan yang fresh dan berbobot ketika Anda tidak memiliki ide untuk menulis. Namun sebelum menulis ulang artikel dari media cetak seperti buku, majalah, koran, buletin, atau tabloid pastikan terlebih dahulu bahwa tulisan tersebut belum ada yang memuatnya di blog atau website dengan tulisan yang sama persis. Jika belum ada yang memuatnya, cepatlah untuk menulisnya sebelum ada blogger lain yang mendahului Anda. Jangan lupa untuk menulis sumber aslinya juga ya!
  5. Tulislah hal-hal yang Anda kuasai dan yang Anda sukai. Biasanya blogger yang memaksakan diri untuk menulis hal-hal yang tidak disukai atau yang tidak dikuasainya akan vakum di tengah jalan karena tidak tahu hendak menulis apa lagi. Misal Anda suka dan cukup mengusai desain grafis, tapi Anda menulis tentang jaringan internet yang kurang Anda pahami, maka kemungkinan untuk menemui jalan buntu lebih besar, apalagi ketika ada yang bertanya tentang konten yang Anda muat namun ternyata Anda tidak paham, tentu si pembaca menganggap Anda tidak berkompeten di bidangnya.
Mungkin itu saja tips yang bisa saya berikan bagi Anda agar tidak menjadi copasser yang sebenarnya sangat tidak baik bagi perkembangan blog Anda. Percayalah bahwa artikel yang Anda buat melalui hasil karya sendiri akan lebih bernilai dan akan membuat Anda bangga suatu saat nanti dibandingkan dengan artikel copy paste secara membabi buta. Terlebih lagi blog Anda akan disukai oleh pembaca karena memiliki ciri khas sendiri. Selamat mencoba dan semoga sukses serta konsisten dalam menulis.
Tag : Blogging
1 Komentar untuk "Tips Agar Tidak Menjadi Seorang Copasser"

tips yang bermanfaat nih, terukan yah bro

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top