Sebuah Blog Pribadi Biasa

Pengertian Jaringan Komputer

Assalamu'alaikum. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian jaringan komputer.
Jaringan adalah rangkaian dari hardware dan software pada suatu sistem yang mempunyai kebijakan terstruktur dalam memanajemen semua user nya ketika berkomunikasi. Sedangkan jaringan komputer merupakan rangkaian komputer yang saling terhubung antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya dengan memakai protokol komunikasi lewat sarana transmisi atau sarana komunikasi agar dapat saling memberikan data informasi, aplikasi-aplikasi, pemakaian bersama hardware contohnya memakai file di komputer yang lain dan printer.

Data informasi tersebut berjalan lewat kabel-kabel atau tanpa kabel, dan dapat digunakan oleh user untuk berbagi informasi atau data, mencetak dengan printer yang sama, dan secara bersamaan memakai perangkat keras atau perangkat lunak yang terkoneksi dengan jaringan. Supaya maksud dari jaringan ini terlaksana, maka masing-masing bagian dari jaringan komputer harus bersifat membutuhkan dan menyediakan layanan (service). Komputer yang membutuhkan layanan adalah komputer client, sedangkan komputer yang menyediakan layanan adalah komputer server.

Manfaat dari jaringan komputer
  1. Memungkinkan pengaturan sumber daya lebih efektif. Contohnya, banyak user bisa memakai printer secara bersama-sama dalam satu jaringan. Ini lebih efektif dibandingkan memakai printer secara sendiri-sendiri.
  2. Membantu menjaga informasi agar selalu aktual dan terpercaya melalui lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data saat sedang diproses.
  3. Membantu mempercepat proses bertukar data (data exchange) dibandingkan dengan media bertukar data lainnya yang tidak melalui jaringan.
  4. Memungkinkan grup kerja berinteraksi dengan lebih efektif. Misalnya melalui sarana chat ketika hendak membicarakan suatu rencana pekerjaan.
  5. Membantu proses pelayanan kepada klien dengan efisien. Misalnya ada customer yang ingin komplain dengan produk yang diberikan oleh sebuah layanan jasa.
Mungkin hanya itu saja yang bisa saya jelaskan pada kesempatan ini. Mohon maaf bila ada kekurangan.
Tag : Teknologi
0 Komentar untuk "Pengertian Jaringan Komputer"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top