Sebuah Blog Pribadi Biasa

Pengertian E-Mail Beserta Manfaat dan Kerugiannya

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang e-mail beserta manfaat dan kerugiannya.

Surat elektronik atau e-mail merupakan salah satu layanan di internet yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai surat elektronik. Melalui e-mail ini para pemakai internet dapat berkomunikasi, mengirim pesan, berita atau data berupa file sebagai lampiran tanpa menggunakan kertas. Dapat pula Anda menerima berita secara rutin dari grup diskusi atau mailing list yang sebelumnya Anda telah mendaftar. Supaya Anda dapat memiliki alamat e-mail, maka Anda harus menghubungi penyedia layanan e-mail di internet.

Untuk dapat mengirim dan menerima e-mail, Anda harus memiliki alamat e-mail atau e-mail address terlebih dahulu. E-mail yang dapat Anda gunakan ada dua macam, yaitu sebagai berikut.

1. Email Berbasis Web

Ini merupakan e-mail yang pada saat mengirim atau menerima pesan harus melalui sebuah situs web yang biasa disebut web mail. E-mail ini bersifat gratis dan menuntut untuk senantiasa terhubung dengan internet pada saat menggunakannya. Beberapa situs web yang menyediakan fasilitas e-mail gratis, antara lain www.gmail.com, www.ymail.com, www.mail.com dan lain-lain.

2. E-mail Berbasis Client

Yaitu e-mail yang membutuhkan perangkat lunak khusus untuk mengelolanya, seperti perangkat lunak Microsoft Outlook. Perangkat lunak ini menyediakan berbagai keperluan untuk menulis dan menyunting e-mail, sehingga dalam menggunakannya kita tidak perlu terhubung dengan internet, kecuali pada saat menerima dan mengirim e-mail saja.

Sebuah alamat e-mail secara umum terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama disebut mailbox atau kotak surat dan bagian kedua disebut mailserver atau komputer tempat kotak surat itu berada. Pola dasar penulisan alamat e-mail secara umum, adalah user_id@domain, misalnya lilycute@gmail.com, fatra_oke@yahoo.comatau rizkymacho@mail.com.

1. Keuntungan menggunakan email

  • Kerahasiaan terjamin, karena Anda memiliki kotak pos dari alamat yang sudah diberi password, sehingga surat tidak bisa dibaca oleh orang lain.
  • Waktu dan tempat fleksibel, dapat dilakukan kapan dan di mana saja.
  • Dapat mendokumentasikan dengan baik setiap informasi atau file yang dianggap penting.
  • Mengurangi biaya pengiriman informasi dan jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan pengiriman surat biasa.
  • Dapat dipakai untuk keperluan pendaftaran di internet, misalnya mendaftar media sosial, blog, mendaftar situs download dan upload gratis, mendaftar bisnis online, melamar kerja, mendaftar kuliah dan lain-lain.
2. Kerugian menggunakan e-mail
  • Kesalahan sedikit saja dalam penulisan alamat dapat mengakibatkan e-mail tidak sampai ke tujuan.
  • E-mail dapat hilang jika penyedia layanan e-mail terpaksa menghilangkan atau menolak sejumlah e-mail karena kotak pos sudah penuh. Pada saat lalu lintas jaringan internet padat, dapat pula mengakibatkan e-mail gagal terkirim.
  • Komunikasi dapat terhambat jika Anda terlambat membuka e-mail, sehingga dibutuhkan kedisiplinan dalam membuka e-mail.
  • Jika e-mail tidak di-sign out di sebuah perangkat digital, e-mail bisa dibaca atau disalahgunakan oleh orang lain yang memakai komputer tersebut.
  • Terlalu banyaknya e-mail notifikasi atau e-mail yang kurang penting akan memenuhi inbox, sehingga beberapa e-mail yang penting menjadi tidak terdeteksi.

Mungkin itu saja penjelasan tentang e-mail yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf bila ada kekurangan.
Tag : Teknologi
0 Komentar untuk "Pengertian E-Mail Beserta Manfaat dan Kerugiannya"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top