Sebuah Blog Pribadi Biasa

Pengertian Blog Dummy dan Manfaatnya

Assalamu'alaikum. Apakah Anda pernah mendengar istilah Blog Dummy? Bagi yang belum tahu, akan dijelaskan pada kesempatan ini.

Blog Dummy itu sebenarnya adalah anak blog yang memiliki tugas untuk memperkuat dan menaikkan peringkat blog induk di SERP. Jumlahnya minimal 2 buah atau lebih, tergantung kebutuhan. Nah, Blog dummy ini nantinya akan terhubung dengan blog induk. Misalkan blog induk memuat artikel tentang cara budidaya ikan, maka blog dummy juga harus memuat artikel yang ada hubungannya dengan blog induk tadi.

Dari sinilah kita akan menautkan backlink dari blog-blog Dummy Anda menuju ke blog utama. Tujuannya tentu saja supaya peringkat konten di SERP bisa meningkat dan semakin kuat. Kalau kita menautkan artikel yang tidak berkaitan antara blog induk dan blog dummy, maka sama saja bohong dan percuma.

Misalkan blog induk berisi dengan artikel tentang budidaya ikan, sedangkan Blog Dummy berisi dengan artikel tentang cara memasak rendang dan Anda menautkan backlink ke blog induk tadi. Maka tentu saja tautan tersebutan tidak relevan alias tidak nyambung! Jika hal ini terjadi, maka bisa saja peringkat blog induk jadi turun.

Alasannya logis, ketika ada pengunjung mengetahui bahwa tautan antara artikel tidak nyambung, maka mereka kecewa dan hijrah dari blog Anda karena tautan antara artikel yang Anda buat memang asal-asalan.

Yang menarik dari Blog Dummy ini adalah sebagai klien atau mitra untuk membantu menaikkan peringkat blog induk tadi. Mesin pencarian akan mengira bahwa ada banyak backlink yang menuju blog indak, dengan kata lain bahwa blog induk tadi sudah cukup populer, padahal sebenarnya itu adalah berkat blog-blog bayangan yang Anda buat tadi. Apalagi bila blog induk tersebut posisinya sudah cukup bagus di SERP, tentu blog induk tadi akan makin disukai oleh mesin pencarian seperti Google.

Bagi yang ingin membuat Blog Dummy, sebaiknya dipikirkan dahulu apakah Anda sanggup untuk mengelola semuanya. Walaupun isi artikelnya boleh sama antara blog induk dan Blog Dummy, tapi kalau pada akhirnya tidak dikelola dengan baik, maka lebih baik tidak usah dibuat saja.

Oh ya, Anda bisa membuat beberapa Blog Dummy dari provider yang berbeda-beda. Misalkan Anda membuat blog induk di Blogspot, maka Anda boleh membuat Blog Dummy di Blogspot, WordPress atau dimana saja yang Anda suka. Tapi saran saya, buatlah buatlah Blog Dummy di Blogspot atau WordPress, karena bisa mengelola beberapa blog dalam satu akun.

Nah kalau Anda tertarik, silahkan saja dibuat yah. Kalau saya sih belum sanggup untuk mengelolanya. Lebih baik punya satu blog tapi terawat dan konsisten daripada memiliki banyak blog tapi terbengkalai.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan. Semoga Anda memahami dan mohon maaf jika ada kekurangan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!
Tag : Blogging
0 Komentar untuk "Pengertian Blog Dummy dan Manfaatnya"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top