Sebuah Blog Pribadi Biasa

Mengenal Pengertian Blog

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang blog secara ringkas dan garis besarnya saja.
Blog sebenarnya merupakan sebuah platform yang meniru konten-konten yang dimuat pada sebuah laman website seperti biasanya. Konten-konten ini biasanya dipublikasikan dengan susunan terbalik (konten teranyar dahulu lalu dibuntuti dengan konten yang lebih lawas), walaupun juga tak selamanya seperti itu. Situs web seperti ini.

Platform blogging mulai familiar sejak kemunculan Blogger.com, yang dibuat oleh Pyra Labs, sebelum akhirnya Google mengakuisisi nya pada akhir tahun 2002 yang lalu. Sejak saat itu perkembangan dunia blogging semakin maju dan banyak aplikasi-aplikasi bermunculan untuk mendukung aktifitas dan optimasi blog.

Pada awalnya, blog lebih dikenal sebagai bagian dari sebuah website dan sebagai catatan pribadi seorang blogger (pemilik blog), isinya pun lebih cenderung tentang kegiatan, pengalaman menarik, atau curahan hati si blogger. Namun seiring berjalannya waktu, kini topik sebuah blog sudah sangat beraneka ragam dan dapat menyerupai sebuah website profesional.

Topik sebuah blog tidak lagi hanya seputar catatan pribadi, namun sudah meluas ke topik-topik lainnya seperti kesehatan, musik, game, agama, seni, hobi, download gratis, politik, teknologi, ekonomi, karya tulis dan lain-lain.

Untuk saat ini, setidaknya ada beberapa platform blogging gratis yang banyak digunakan di Indonesia, diantaranya: blogger.com, wordpress.com, tumblr.com, dan blogdetik.com. Semuanya bisa didapatkan secara gratis, namun kita terlebih dahulu harus punya akun e-mail. Yang paling disarankan adalah e-mail dari google mail, karena selain bisa langsung dipakai untuk mendaftar blog (terutama blogger.com), akun e-mail dari google mail ini bersifat serba guna, kita bisa memakainya untuk berbagai keperluan seperti log in pada situs Youtube, Google Talk, Google Webmaster, Google Book dan lain-lain.

Kini selain berfungsi sebagai catatan pribadi, media informasi, memberikan tips dan trik, blog juga digunakan sebagai media untuk menghasilkan uang. Banyak blogger di dunia ini telah merasakan keuntungan dari hobi blogging mereka.

Di Indonesia, jumlah blogger semakin hari semakin banyak dan tentunya makin banyak pula blog-blog bermunculan di internet. Diperkirakan jumlah blogger di Indonesia telah mencapai jutaan orang. Ada yang masih menulis aktif, namun ada pula blog yang terbengkalai tidak terurus.

Mungkin itu saja pembahasan tentang blog pada kesempatan kali ini. Terima kasih karena telah bersedia berkunjung ke blog saya yang masih sangat baru ini.
Tag : Blogging
0 Komentar untuk "Mengenal Pengertian Blog"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top