Sebuah Blog Pribadi Biasa

Cara Supaya Alexa Rank Jadi Ramping

Assalamu'alaikum. Mungkin bagi Anda yang baru punya blog bingung kenapa ranking alexa nya masih "no data" atau angkanya mencapai belasan juta. Wajar saja kalau Anda mengalami hal seperti itu, karena ada beberapa penyebabnya sehingga menjadi demikian, diantaranya:
  1. Anda belum mendaftarkan dan mengklaim blog Anda di Alexa.com
  2. Blog Anda masih baru. Jadi wajar saja bila Alexa.com belum mendapatkan rekaman data yang cukup untuk memberi ranking pada blog Anda.
  3. Anda jarang meng-update artikel di blog Anda secara rutin.
  4. Tidak ada backlink atau backlink yang Anda dapatkan tidak berkualitas.
Lalu bagaimana caranya supaya angka ranking pada alexa tersebut agar tidak "no data" atau menjadi turun alias ramping? Begini caranya:
  1. Segera mendaftarkan blog Anda dan klaim blog Anda di Alexa.com setelah selesai membuat blog. Sebenarnya Alexa.com masih dapat memberikan ranking walaupun blog Anda tidak terdaftar dan tidak diklaim asalkan sudah cukup memiliki rekam data atau lalu lintas pada blog Anda. Tapi kekurangannya adalah ranking tersebut biasanya tidak sama (kurang akurat) apabila Anda mengklaim blog Anda di Alexa.com.
  2. Meng-update artikel secara rutin. Tentu saja ini adalah hal yang logis, bagaimana bisa blog yang jarang update artikel bisa ramping rankingnya. Kalau mau ramping rankingnya, ya rajin-rajinlah memperbarui isi blog. Bagi yang membuat blog "evergreen" alias blog yang artikelnya awet dan terus dicari orang semisal blog yang berisi tips dan trik serta informasi, mungkin tidak harus selalu update artikel setiap hari, bisa saja 1 minggu sekali. Karena sifat artikelnya memang terus dibutuhkan orang. Tapi bagi yang sering menulis tentang cerita, puisi, opini atau hal-hal yang jarang dicari orang, selayaknya ia harus lebih sering memperbarui konten pada blognya agar pembaca setia tetap mengunjungi blog Anda. Lebih bagus jika artikelnya disharing ke media sosial atau forum.
  3. Mencari backlink yang berkualitas. Ini hal yang penting jika ingin merampingkan ranking pada alexa. Tapi ingat, carilah backlink yang berkualitas dan relevan dengan blog Anda. Agak percuma jika Anda memiliki 100 backlink tapi tidak berkualitas dan artikelnya tidak berkaitan dengan blog Anda, lebih baik memiliki 10 backlink tapi berkualitas dan berkaitan dengan blog Anda. Karena mesin pencarian menyukai backlink seperti ini, sehingga posisi blog Anda bisa naik.
Nah mungkin itu saja tips dari saya, semoga dapat dipahami dan bisa dipraktekkan. Kalau saya sih mengalir saja, karena bagi saya ranking di alexa itu tidak terlalu saya pikirkan. Karena kalau dipaksakan, nanti jadi mikirin Alexa terus, dan akhirnya jadi lupa menulis.

Semoga bermanfaat.
Tag : Blogging
2 Komentar untuk "Cara Supaya Alexa Rank Jadi Ramping"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top