Sebuah Blog Pribadi Biasa

Berhentilah Menjadi Copasser!

Assalamu'alaikum. Mungkin saja ada yang tersinggung dengan tulisan saya ini, tapi saya ingin sekali menuangkan unek-unek saya tentang keburukan dan sifat tidak terpuji para blogger yang suka copy paste tulisan orang lain tanpa menyisipkan sumber aslinya. Kenapa saya bilang bahwa itu perbuatan yang buruk dan tidak terpuji? Karena perbuatan tersebut dapat merugikan si pemilik asli dari konten yang dicopy sehingga seolah-olah si copasser inilah yang telah membuat konten tersebut. Ini sangat memalukan dan melukai perasaan orang lain.

Yang namanya blogger sejati itu adalah mereka yang berani dan konsisten dalam mempertahankan karya asli mereka yang dituangkan melalui sebuah blog, bukan mereka yang mengambil keuntungan dan merugikan blogger lain dengan cara yang salah. Kalau memang ingin disebut sebagai blogger sejati maka berusahalah untuk tidak menjadi copasser dan jadilah diri sendiri dengan ciri khas sendiri pula. Ada kepuasan hati ketika kita mengembangkan blog kita dengan usaha kita sendiri pada suatu hari nanti, itu jelas.

Setidaknya ada beberapa hal yang harus kita ketahui jika menjadi seorang copasser:
  1. Kita tidak memiliki kredibilitas dan kapabilitas untuk menjadi seorang blogger sejati. Yang namanya blogger sejati sudah pasti mampu untuk membuat tulisan sendiri walaupun tidak maksimal dan mampu mengembangkannya walau lambat. Yang penting itu hasil karya kita sendiri.
  2. Blog yang kita kelola tidak memiliki ciri khas, karena tiap blogger sejati memiliki ciri khas tersendiri pada tulisan mereka. Bagus atau tidaknya sebuah konten tidaklah mengapa, yang penting ditulis dengan gaya bahasa dan karakteristik kita sendiri. Biarpun tulisan kita tidak sementereng tulisan blogger lain, yang penting hasil buah karya kita sendiri.
  3. Orang jadi malas mengunjungi blog kita ketika mereka tahu bahwa artikel tersebut adalah milik orang lain. Ya iyalah, dengan kata lain-orang akan menganggap kita sebagai pemalas dan gak bisa blogging, hanya mau mengambil keuntungan dari orang lain.
  4. Susah untuk menjadi penulis karena memang sejatinya tidak mau menulis dan mengeksplorasi diri. Kalau dari awal memang tidak terbiasa menulis artikel, maka jangan harap dapat menjadi blogger hebat, karena bakat tidak akan muncul jika tidak dilatih, otak tak akan jernih jika tidak dipergunakan, begitula jika tidak mau menulis dari awal.
  5. Blog terbenam dan sulit muncul di mesin pencarian. Tentu saja ini akan terjadi, karena mesin pencarian akan mengenali duplikasi artikel yang telah ada dan hal itu akan membuat artikel bahkan blog Anda sulit bersaing di mesin pencarian. Walaupun muncul tapi bakal ketahuan kalau itu hasil dari copy paste dari blog lain.
  6. Sulit dan hampir mustahil untuk diterima oleh Google Adsense. Kita tahu bahwa Google Adsense merupakan layanan bisnis periklanan yang menyediakan komisi luar biasa bagi publisher. Salah satu syarat agar diterima menjadi publisher adalah dengan membuat artikel tanpa copy paste pada blog kita, karena mereka tidak menyukai artikel seperti itu, mereka mensyaratkan artikel baru dan unik.
  7. Blog terancam dihapus. Ya itu karena ada yang melaporkan blog kita sebagai blog copy paste. Biasanya yang melaporkannya adalah si pemilik asli artikel. Bayangkan alangkah capeknya dan sia-sianya kerja copy paste Anda, jika ternyata blog Anda dihapus tanpa pemberitahuan dari layanan blog yang Anda gunakan. Kalau sudah begini, Anda tidak bisa berbuat apa-apa kecuali pasrah dan tak berdaya.
  8. Yang pastinya melanggar hak cipta. Ya iyalah dong, siapa yang tidak sakit hati jika hasil karyanya dijiplak tanpa menyertakan sumber aslinya, apalagi sampai mengambil keuntungan dari konten tersebut. Ya, walaupun si pemilik artikel tidak mau membawa masalah ini ke ranah hukum karena akan dianggap berlebihan dan buang-buang waktu, tenaga, dan biaya tapi tetap saja ini merupakan perbuatan yang melukai perasaan orang lain.
Maka dari itu mendingan kita jangan menjadi copasser, lebih baik menulis dengan isi pikiran sendiri karena akan menguntungkan bagi diri kita sendiri dan tentunya akan membuat kita lebih mudah untuk mengembangkan blog kita suatu saat nanti.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf bila ada kekurangan dan kurang dapat dipahami oleh sahabat semua.
Tag : Blogging
0 Komentar untuk "Berhentilah Menjadi Copasser!"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top