Sebuah Blog Pribadi Biasa

Ada Broken Link Pada Blog? Segera Perbaiki!

Assalamu'alaikum. Apakah Anda pernah mengakses halaman yang berisi kalimat "error 404 not found"? Saya rasa Anda pernah mengalaminya dan merasa bingung ketika menemui halaman tersebut. Nah itulah yang disebut dengan "broken link" alias link rusak yang sering terjadi pada beberapa blog atau web. Kadang pemilik situs tersebut tidak mengetahui bahwa ada link yang rusak pada situs mereka, padahal broken link dapat menyebabkan beberapa hal yang merugikan bagi situs Anda.

Apa saja kerugian yang disebabkan oleh broken link?
  1. Pengunjung blog Anda menjadi berkurang. Wajar, karena ketika ada pengunjung yang menemukan halaman yang berisi tulisan "error 404 not found", mereka menganggap bahwa blog Anda bermasalah, tidak beres, dan tidak becus. Karena sejatinya dari awal mereka hendak mengakses halaman yang berisi konten yang Anda tawarkan, dan bukan halaman yang "blank" semata. Tentu mereka kecewa, apalagi bila halaman tersebut diharapkan berisi informasi yang berguna bagi mereka.
  2. Dianggap sebagai spam oleh mesin pencarian. Ya iyalah, mesin pencarian seperti Google sangat tidak menyukai blog yang berisi broken link karena menganggapnya sebagai halaman manipulasi yang sebenarnya tidak berisi apapun. Kalau sudah banyak terdapat broken link pada blog Anda, maka jangan heran kalau blog Anda dimasukkan ke dalam Google Sandbox.
  3. Blog sulit teridentifikasi oleh mesin pencarian. Tujuan blogging adalah agar blog kita ditemukan oleh pengunjung dan dibaca. Tapi ketika banyak broken link yang terdapat pada blog Anda, maka blog Anda sulit muncul di mesin pencarian. Segera hapus link yang rusak jika tidak ingin hal ini terjadi.
  4. Posisi di SERP menurun. Jika sebelumnya blog Anda bisa ditemukan agak mudah, maka jangan kaget jika suatu saat posisi blog Anda turun peringkat karena adanya broken link. Hati-hati dalam membuat link ke sebuah halaman, terutama halaman dari situs lain.
Ada beberapa penyebab terjadinya broken link ini:
  1. Salah menulis alamat link yang dituju. Saya rasa Anda sudah tahu jika kita salah mengetik alamat/url yang yang dituju maka yang terjadi adalah tidak ditemukannya halaman yang dimaksud. Segera cek dan perbaiki link yang rusak jika tidak ingin mengalami kerugian pada blog Anda.
  2. Link yang dituju sudah dihapus. Misal Anda ingin memberikan link download gratis suatu file yang berasal dari situs lain, tapi ternyata link dan file tersebut sudah dihapus oleh si pemilik konten maka yang terjadi adalah broken link! Segera hapus link yang rusak tersebut karena tidak ada gunanya menyimpan link yang sudah tidak ada lagi. Alangkah baiknya jika hendak ingin berbagi file download, kita menguploadnya di server upload file mile kita sendiri, bukan dari situs orang lain.
Nah mungkin sampai di sini saja pembahasan tentang broken link pada kesempatan kali ini. Semoga Anda dapat memahaminya. Mohon maaf atas kekurangan yang ada.
Tag : Blogging
0 Komentar untuk "Ada Broken Link Pada Blog? Segera Perbaiki!"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top