Sebuah Blog Pribadi Biasa

7 Tips Menulis Artikel Blog Untuk Pemula

Assalamu'alaikum. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips dalam menulis artikel pada blog, terutama bagi yang baru membuat Blog
  1. Menulis Secara Natural. Tulislah artikel dengan gaya bahasa Anda sendiri, hindari copy paste dari Blog lain, kecuali bila ingin mengutip sebagian saja. Mesin pencarian menyukai artikel yang memiliki tulisan dengan gaya khas sendiri. Sedangkan artikel copy paste akan terbenam. Selain itu orang akan memberikan apresiasi kepada blog Anda karena mampu membuat tulisan yang berbeda dengan blog lain.
  2. Gunakan judul artikel lebih dari 3 suku kata. Menggunakan judul artikel lebih dari 3 suku kata adalah penting agar artikel Anda dapat bersaing dengan artikel lain. Misalnya ada yang menulis artikel "Cara Membasmi Jerawat" dan ada yang menulis artikel "Cara Membasmi Jerawat Secara Alami". Kira-kira artikel mana yang lebih berpeluang diklik oleh pengunjung? Tentu artikel yang ke-2 bukan?
  3. Menggunakan poin-poin pada artikel. Disarankan agar menulis artikel dengan menyertakan poin-poin, terutama pada artikel yang berisi informasi dan tips atau trik. Ini demi kemudahan dalam menangkap informasi yang ada di dalam nya. Berbeda ketika Anda hanya menulis secara panjang lebar, berpindah dari alinea yang satu menuju alinea yang lainnya. Contoh nya pada artikel ini, saya membuat poin-poin di dalam artikel agar Anda lebih mudah menangkap isinya.
  4. Gunakan link hidup menuju artikel lain Jika hendak menulis artikel, disarankan membuat minimal 1 buah link hidup pada kata yang terdapat artikel tersebut, dan link ini jika diklik akan menuju ke artikel Anda yang lainnya. Ini bertujuan untuk membuat semua artikel Anda memiliki penyebaran yang merata.
  5. Buat kategori artikel dan tag. Kategori akan memudahkan Anda dalam mengelompokkan jenis sub topik artikel yang Anda tulis. Selain itu pengunjung akan lebih mudah menelusuri tulisan-tulisan terkait atau mereka jadi tertarik pada sub topik Anda yang lain dan ingin melihatnya. Jangan lupa untuk membuat tag, agar mesin pencarian lebih mudah menganalisa nya ketika ada user yang mengetikkan beberapa keyword. Anda bisa membuat tag dengan mudah pada WordPress. Tapi untuk Blogspot agak rumit. Sedangkan pada MyWapBlog, Anda bisa tulis tag pada kolom komentar.
  6. Sisipkan gambar di dalam posting. Gambar sebenarnya selain sebagai penghias dari artikel juga berfungsi untuk meningkatkan trafik dan SEO. Namun jangan sembarangan dalam membuat nama pada file gambar, karena percuma saja. Logikanya saja, ketika ada yang hendak mencari gambar "bebek" pada mesin pencarian, tentunya yang muncul adalah gambar bebek dengan nama file seperti bebek.jpg, bebek-imut.jpg, anak-bebek.jpg dan sebagainya. Apa jadinya jika file gambar tersebut Anda beri nama semisal "foto1.jpg? Tentu gambar akan sulit muncul di mesin pencarian bukan?
  7. Gunakan kata yang baku. Mesin pencarian seperti Google dan Bing lebih mudah menangkap artikel yang menggunakan kata baku. Logikanya seperti ini, misal ada user yang mengetikkan keyword "Cara Mendapatkan Uang Melalui PPC", sedangkan Anda menulis artikel dengan judul "Cara Ngedapetin Fulus Pake PPC" terlebih lagi di dalam artikel tersebut banyak kata yang tidak baku. Tentunya artikel Anda akan lebih susah ditemukan bukan? Jadi, tulislah artikel dengan kata yang baku. Selain itu, mesin pencarian akan lebih mudah menterjemahkan artikel Anda dalam berbagai bahasa lainnya.
Saya pikir poin-poin di atas sudah cukup untuk membimbing Anda yang masih pemula dalam menulis artikel blog. Mohon maaf jika ada yang kurang dipahami.
Tag : Blogging, Menulis
0 Komentar untuk "7 Tips Menulis Artikel Blog Untuk Pemula"

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top