Sebuah Blog Pribadi Biasa

7 Tips Memulai Bisnis Afiliasi di Internet

Kalau Anda pernah mendengar atau membaca tentang tawaran bisnis afiliasi atau Pay Per Action (PPA) di dunia maya dan Anda tertarik, namun kurang paham bagaimana cara memulainya. Mungkin Anda semua sudah tahu kalau bisnis afiliasi itu adalah bisnis dimana terjadi kesepakatan antara produsen atau penawar jasa dengan pemasar. Misalnya saya menjadi pemasar di situs amazon.com, dan saya memasarkan produk mereka melalui blog saya. Kemudian ada pengunjung yang mengklik dan membeli produk tersebut, maka dari pembelian itu, saya akan mendapatkan komisi beberapa persen.

Namun bisnis ini memang tidak mudah, kita harus rajin mengupdate produk terbaru yang banyak diburu pembeli. Bisnis ini bisa dibilang menjanjikan, karena cukup banyak yang sukses dengan bisnis ini. Mungkin ada baiknya Anda membaca tips-tips berikut ini agar komisi Anda meningkat.
  1. Tawarkanlah produk atau jasa yang paling sering dibutuhkan dan dicari saat ini, sehingga bisa dikatakan bahwa produk atau jasa tersebut mudah laku. Contohnya adalah ponsel, tablet, pakaian, buku, domain dan hosting, obat-obatan, alat-alat kesehatan, software, dan lain-lain sebagainya.
  2. Sebaiknya jangan menawarkan barang yang terlalu mahal, karena akan sulit terjual. Lebih baik menawarkan produk yang agak murah tapi mudah terjual. Kira-kira kisaran harga produk yang dianjurkan adalah antara Rp. 500.000 sampai Rp. 2.000.000. Selain harganya terjangkau, komisinya pun bisa dibilang lumayan.
  3. Pastikan bahwa produk atau jasa yang Anda tawarkan berasal dari produsen yang sudah dipercaya kualitasnya, minimal kualitas menengah. Jangan menawarkan produk atau jasa yang berasal dari produsen yang tidak diketahui kualitasnya dan belum dipercaya.
  4. Buatlah review atau uraian tentang produk atau jasa tersebut beserta foto nya pada blog atau media sosial Anda dengan seadanya. Atau tempel kode/script produk tersebut pada widget blog sobat. Jangan terlalu berlebihan dalam menulis keistimewaan produk atau jasa tersebut. Buatlah dengan bahasa Anda sendiri. Usahakan jangan mengcopy paste review nya dari situs lain.
  5. Selalu update ke situs afiliasi terkait tentang produk apa saja yang laris terjual pada sepekan terakhir. Ini penting karena akan ada produk-produk baru atau untuk melihat persaingan harga antara situs penjual yang satu dengan yang lain.
  6. Pasang nomor ponsel atau kontak Anda pada blog atau media sosial Anda. Siapa tahu ada peminat yang ingin bertanya mengenai keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan.
  7. Jika Anda ingin memasarkan produk atau layanan jasa dari program afiliasi luar negeri, sebaiknya gunakan Bahasa Inggris dalam membuat review nya. Ini demi menjangkau pengunjung dari luar negeri dan memberikan potensi transaksi yang lebih besar.
Berikut ini adalah situs-situs afiliasi yang bisa sobat ikuti.

Afiliasi Lokal
1. http://lazada.co.id
2. http://zalora.co.id
3. http://tokoone.com
4. http://tipshamil.com
5. http://pasarhosting.com
6. http://qrmastore.com
7. http://bhinneka.com
8. http://oketheme.com
9. http://gramediaonline.c om
10. http://cafebisnis.com

Afiliasi Internasional
1. http://amazon.com
2. http://clickbank.com
3. http://ebay.com
4. http://apple.com
5. http://rakuten.com
6. http://cj.com
7. http://shareasale.com
8. http://clixgalore.com
9. http://peerfly.com
10. http://maxbounty.com

Mohon maaf karena saya tidak menyertakan link hidup pada situs-situs tersebut, namun anda bisa menyalin dan menempel nya di adress bar pada browser Anda.

OK, selamat berbisnis afiliasi. Semoga kesuksesan menyertai Anda.
Tag : Bisnis, Blogging
1 Komentar untuk "7 Tips Memulai Bisnis Afiliasi di Internet"

peluang yang menarik nih buat mencari uang tambahan melalui internet, nice thread sob

Mohon agar tidak menyertakan link aktif saat berkomentar!

Back To Top